Home » Kalah di Semifinal Piala Asia, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Olimpiade 2024

Kalah di Semifinal Piala Asia, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Olimpiade 2024

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Tim U-23 Indonesia melawan Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024). Foto: PSSI

ESENSI.TV - JAKARTA

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan Garuda Muda masih punya kesempatan lolos ke Olimpiade  Paris 2024 yang digelar tanggal 26 Juli hingga 11 Agustus nanti.

Indonesia masih berpeluang masuk sebagai peringkat tiga Piala Asia U-23 2024 di Olimpiade tahun ini.

Jika kalah di laga perebutan tempat ketiga, Indonesia masih punya jalan terakhir, yakni memenangi laga play-off antar konfederasi melawan wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei 2024.

Menurut Shin Tae-yong, Indonesia sudah berusaha maksimal saat menghadapi Uzbekistan. Namun, dia mengakui di pertandingan kali ini Uzbekistan bermain lebih baik.

“Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pemain. Saya pikir Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga”.

“Ada sesuatu hal yang membuat saya merasa sedikit malu, tapi saya tidak mau menyebutkannya,” kata Shin Tae-yong, dalam keterangan PSSI, Selasa (30/4/2024).

“Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan”.

“Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade,” tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong menambahkan para pemainnya seperti kehilangan kepercayaan diri.

Padahal, Garuda Muda di tiga laga sebelumnya tampil sangat impresif dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia (1-0), Yordania (4-1) dan Korea Selatan (2-2, 11-10 setelah adu penalti).

Baca Juga  Satu-Satunya Pelatih Timnas WNI, Ini Profil Nova Arianto

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik”.

“Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya,” tukas Shin Tae-yong.

Pada laga perebutan tempat ketiga, Indonesia bakal menghadapi Irak yang dikalahkan oleh Jepang, 0-2. Laga antara Indonesia dan Irak digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5), pukul 22.30 WIB.

Kalah Lawan Uzbekistan

Tim U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan 0-2 dari Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024).

Dengan hasil ini Garuda Muda gagal lolos ke babak final Piala Asia U-23 2024.

Meski begitu masih ada peluang lolos ke Olimpiade 2024 dengan meraih kemenangan pada laga perebutan tempat ketiga melawan tim yang kalah antara Jepang atau Irak.

Seperti dilansir dari PSSI, pada laga ini, skuad Garuda Muda bermain menyerang sejak menit pertama dan spartan.

Indonesia berusaha keluar dari tekanan dengan mengandalkan serangan balik cepat. Tetapi skor 0-0 tidak berubah sampai turun minum.

Sementara itu, babak kedua, Indonesia mulai bisa menembus pertahanan Uzbekistan.

Garuda Muda bahkan sempat merobek gawang Uzbekistan yang dikawal oleh Abduvakhid Nematov pada menit 60 lewat Muhammad Ferarri.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life