Home » Kemenpora akan Bentuk Akademi Aquabike dan Powerboat di Balige

Kemenpora akan Bentuk Akademi Aquabike dan Powerboat di Balige

by Junita Ariani
2 minutes read
Menpra Dito mengatakan, kolaborasi antara Kemenpora dengan H2O Racing dan Injourney akan membentuk sebuah Akademi untuk menjaring atlet-atlet bertalenta untuk olahraga aquabike dan powerboat.

ESENSI.TV - JAKARTA

Kolaborasi antara Kemenpora RI dengan H2O Racing dan Injourney akan membentuk sebuah Akademi untuk menjaring atlet-atlet bertalenta untuk olahraga aquabike dan powerboat.

Akademi itu untuk menyiapkan riders lokal tanah air berlaga di cabor aquabike hingga powerboat level internasional. Sebelum seri tahun 2027 riders Indonesia diharapkan sudah mulai dapat beraksi.

“Akademi ini bertujuan untuk menyiapkan dimana Indonesia pasti memiliki talenta-talenta nasional. Yang nantinya akan bertanding mendunia di aquabike dan juga seri powerboat,” ucap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)  Dito Ariotedjo.

Ia menyampaikan itu usai mengikuti Press Conference F1 Powerboat Lake Toba 2024 di Kantor Kemenko Marves Jakarta, Rabu (7/2/2024).

“Ya hal itu kita sepakati saat Aquabike 2023, dari H2O Racing bersama dengan Injourney dan Kemenpora sudah menunjuk lokasi di Balige. Untuk menjadi Akademi Aquabike dan juga Powerboat,” kata Menpora.

Miliki Pembalap Powerboat Asal Indonesia

Dikatakannya, dengan penyelenggaraan F1 Powerboat Lake Toba yang akan berlangsung hingga 2027 dan kemarin dimulai dengan Aquabike, ada komitmen bersama untuk membuka Akademi.

“Tapi di aquabike mungkin kita sudah memiliki banyak potensi. Karena aquabike sudah lama berlangsung di Indonesia mungkin yang agak membutuhkan waktu adalah kita menyiapkan riders untuk powerboat,” jelasnya.

Baca Juga  Bermain 10 Pemain, Timnas Putri Indonesia Kalah di Semifinal AFF

Ia berharap, target yang ada yaitu sebelum seri tahun 2027 riders-riders Indonesia diharapkan sudah bisa balapan di aquabike maupun powerboat tingkat nasional dan dunia.

“Jadi, ini adalah dalam rangka mempersiapkan. Mungkin tahun ini kita belum memiliki pembalap untuk powerboat. Namun, dengan adanya komitmen akademi ini kita berharap sebelum 2027 kita sudah memiliki pembalap powerboat asal Indonesia. Dan, akhirnya bisa berlaga di even powerboat series di Danau Toba,” pungkasnya.

Perwakilan dari IMI Pusat, Rendy menyampaikan Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah menjadi mitra federasi lokal untuk UIM. Dengan dasar telah disahkannya Komisi Watersport di cabor IMI yakni Powerboating dan Aquabike.

“Dalam rangka mengembangkan F1 Powerboat, IMI akan menyelenggarakan kejuaraan nasional aquabike dengan nama Aquabike Indonesian Championship sebanyak 4 seri.

Di mana 2 seri nya akan dilangsungkan di Samosir dan Balige. Seri pertama Aquabike Indonesian Championship ini akan diselenggarakan menjadi side eventnya F1 Powerboat 2024. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life