Home » Kepulauan Sangihe Diguncang Gempa Magnitudo 5,0, Tak Berpotensi Tsunami

Kepulauan Sangihe Diguncang Gempa Magnitudo 5,0, Tak Berpotensi Tsunami

by Ale Luna
1 minutes read
Kepulauan Sangihe Diguncang Gempa Magnitudo 5,0, Tak Berpotensi Tsunami/BMKG

ESENSI.TV - SANGIHE

Wilayah Laut Sulawesi, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0. Episenter gemp terletak pada koordinat 5,90° LU ; 125,37° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 112 Km arah Utara Kepulauan Marore, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada kedalaman 61 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ),” kata Daryono dalam keterangan resmi, Minggu (14/5).

Berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap ), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kepulauan Marore, Kepulauan Sangihe dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Kendahe, Kepulauan Sangihe dengan skala intensitas II – III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Baca Juga  Bukan Badai, Begini Potensi Cuaca Jabodetabek Hari Ini versi BMKG

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Daryono.

Hingga pukul 02.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life