Home » Arab Saudi Tambah Kuota Haji, Wapres RI Apresiasi

Arab Saudi Tambah Kuota Haji, Wapres RI Apresiasi

by Ale Luna
1 minutes read
Arab Saudi Tambah Kuota Haji, Wapres RI Apresiasi /Setwapres

ESENSI.TV - JAKARTA

Arab Saudi memberikan tambahan 8.000 kuota haji kepada Indonesia tahun ini. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Arab Saudi, karena tambahan kuota ini dapat mempersingkat antrean haji bagi jemaah Indonesia.

“Kita berterima kasih kepada pemerintah Saudi karena dengan adanya tambahan kuota itu, akan mengurangi jumlah antrean yang panjang,” kata Wapres, mengutip keterangan resminya, Minggu (14/5).

Lebih lanjut, Wapres mengingatkan, Kementerian Agama harus bergerak cepat mengurus pemanfaatan kuota tersebut.

“Nah, sekarang ini supaya betul-betul mulai diurus semuanya dengan baik dan supaya bisa dimanfaatkan, sehingga bisa mengurangi [antrean],” ujar dia.

Meski demikian, Wapres menyayangkan jika jatah ini akan bernasib serupa dengan tambahan kuota haji pada 2022 yang tidak termanfaatkan.

“Jangan seperti tahun yang lalu. Kita diberi 10.000, tetapi mepet waktunya, tidak bisa diurus, kemudian akhirnya hilang begitu saja,” katanya.

Baca Juga  Sejumlah Tokoh Dunia Raih Penghargaan Internasional Raja Faisal 2023

Adapun pembagian kuota, Wapres meminta Kementerian Agama untuk membaginya secara adil ke daerah-daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Wapres juga menyampaikan tanggapannya seputar ajakan salam Yahudi yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu. Ia mengimbau, umat Islam di Indonesia perlu tetap tenang menghadapi isu-isu agama seperti ini, terlebih di tengah tahun politik saat ini.

“Kita memang mengharapkan jangan ada lah ketegangan-ketegangan yang diakibatkan oleh isu-isu agama yang tidak lazim selama ini. Oleh karena itu, saya minta Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia membahas masalah ini, supaya jangan sampai isu ini merebak, kemudian menjadi kemarahan dari masyarakat,” ujar dia.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life