Home » Komisi III Minta Kemenkeu Pertimbangkan Penambahan Anggaran Polri Jelang Pemilu 2024

Komisi III Minta Kemenkeu Pertimbangkan Penambahan Anggaran Polri Jelang Pemilu 2024

by Junita Ariani
2 minutes read
Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Kapolri yang diwakili oleh Wakapolri Gatot Eddy beserta segenap jajaran Polri.

ESENSI.TV - JAKARTA

Anggota Komisi III DPR RI Heru Widodo mendukung penuh penambahan anggaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Terutama dalam penguatan aspek pengamanan jelang persiapan Pemilu 2024.

Meliputi Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar secara serentak.

Hal itu dipaparkan Heru saat menyampaikan pendapat dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi III DPR RI dengan Kapolri. Kapolri dihadiri Wakapolri Gatot Eddy beserta segenap jajaran Polri, di Ruang Rapat Komisi III, Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Raker ini dalam rangka pembahasan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dan RKP K/L Tahun 2024.

“Jangan sampai karena persoalan anggaran tapi pesta demokrasi kita berantakan karena tidak ada pengamanan, kekurangan anggaran, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan melihat kebutuhan Polri hari ini terutama menjelang 2024, tidak ada kata keraguan sedikit pun dalam hal mendukung anggaran ini.

“Baik dari sisi pagu indikatif sampai nanti bahkan definitif,” jelas Heru.

Pengamanan Polri di Pemilu 2024

Berkaca dari Pilpres 2014 dan 2019, ungkap Heru, kedua Pemilu tersebut meninggalkan bekas traumatik yang begitu luar biasa. Pada saat itu masyarakat Indonesia sempat menjadi terbelah karena perbedaan pandangan dan pilihan politik.

Baca Juga  KKP-Barantin Tetapkan Manajemen Risiko Pengendalian Impor Tuna, Sarden dan Makarel

“Nah, saya kira 2024 kami tidak ingin terjadi lagi. Maka ini perlu disiapkan sumber daya yang lebih baik dalam hal pengamanan dari Polri. Polri ini memiliki peran yang sangat sentral atas keberlangsungan demokrasi kita,” jelas  Heru.

Heru juga menyayangkan adanya penurunan anggaran Polri dari hasil pengajuan pagu indikatif dari tahun 2023 yaitu sebesar Rp11,7 triliun.

Padahal, hal itu justru seharusnya ditambah. Karena itu, Heru meminta Pemerintah melalui Kemenkeu harus mempertimbangkan serius penambahan anggaran Polri sebagaimana telah diusulkan Polri sebesar Rp49 triliun.

“Saya kira ini demi keberlangsungan demokrasi kita berjalan dengan baik  dan aman, Komisi III akan terus mendorong penambahan anggaran. Dan, pasti ini akan disampaikan oleh Pimpinan Fraksi lainnya bahwa Polri hari ini harus diperkuat. Kita tidak mau nanti di 2024, pesta demokrasi kita berantakan. Karena persoalan pemangkasan anggaran atau penurunan anggaran,” pungkasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life