Home » KPU Pastikan Debat Cawapres Pakai Podium

KPU Pastikan Debat Cawapres Pakai Podium

by fara dama
1 minutes read
Tiga Calon Presiden RI Periode 2024-2029 dalam acara Debat Perdana Capres di Kantor KPU Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Tangkap layar siaran langsung acara

ESENSI.TV - JAKARTA

Debat Cawapres yang akan digelar besok, Jumat (22/12/2023) terdapat beberapa perubahan. Perubahan ini merupakan salah satu masukan atau aspirasi masyarakat dari evaluasi penyelenggaraan debat yang sebelumnya. Perubahan ini yaitu KPU pastikan dalam debat selanjutnya, akan disediakan podium.

KPU telah mengumumkan pada Debat Capres-cawapres Pilpres 2024 selanjutnya akan disediakan podium. Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan agar perhelatan debat cawapres disediakan podium. Sebagai sarana untuk tampil dari masing-masing Capres maupun Cawapres dalam debat.

“Mulai debat kedua sampai terakhir (kelima), masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana. Untuk Cawapres maupun Capres, kemarin (debat pertama) kan tidak ada podium, nanti akan pakai podium,” kata Hasyim dilansir dari RRI.

Dari segi durasi waktu Debat Capres-cawapres, Hasyim mengatakan hal itu sudah disesuaikan sejak awal. Meski dia mengakui bahwa masih terdapat catatan seperti kesannya pembahasan isu debat kurang mendalam.

Baca Juga  Ada Dugaan Data Pemilu Bocor, Kominfo Minta Klarifikasi Kepada KPU

Durasi Debat Menurut KPU

“Waktunya sangat singkat, tapi dengan begitu semua punya kesempatan untuk menjawab atau merespons pertanyaan. Baik yang diajukan oleh panelis maupun yang diajukan dari masing-masing Capres atau Cawapresnya,” ucap Hasyim.

Menurut Hasyim, estimasi waktu sudah disesuaikan agar kesempatannya lebih banyak untuk masing-masing Capres-cawapres. Walaupun, bisa dikatakan pembahasannya kurang mendalam saat mendalami tema debat.

“Karena kan cakupan tema yang diajukan itu lebih banyak ya. Ada enam sub tema dari setiap kali penampilan,” ujar Hasyim.

 

Editor: Dimas Adi Putra/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life