Home » Meriahkan Imlek, Kemenag Gelar Lomba Karya Jurnalistik Berhadiah Rp50 Juta, Khusus Jateng

Meriahkan Imlek, Kemenag Gelar Lomba Karya Jurnalistik Berhadiah Rp50 Juta, Khusus Jateng

by Junita Ariani
2 minutes read
Kemenag gelar Lomba karya jurnalistik untuk memeriahkan Imlek 2575 Kongzili.

ESENSI.TV - SEMARANG

Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu Kementerian Agama atau Kemenag menggelar lomba karya jurnalistik untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

Lomba yang dikhususkan untuk para jurnalis di wilayah Jawa Tengah ini mengusung tema ‘Imlek dan Indahnya Moderasi Beragama’.

Total hadiah pada Lomba Karya Jurnalistik Imlek 2575 Kongzili mencapai Rp50 juta. Lomba dibagi dalam dua kategori. Pertama, media cetak dan online. Kedua, media televisi, radio dan foto.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan, lomba ini dilatarbelakangi terus membaiknya praktik moderasi beragama khususnya di Jawa Tengah.

“Praktik baik ini terbukti menjadi modal besar karena mampu memperkokoh pondasi kerukunan beragama di Indonesia. Kita melihat Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang memiliki banyak contohnya begitu indahnya perayaan Imlek. Karena menebarkan aspek toleransi, penghormatan dan persatuan bangsa,” ujar Wibowo di Semarang, Selasa (6/2/2024).

Indahnya praktik moderasi beragama dalam perayaan Imlek ini, tandas Wibowo, tak lepas dari peran besar kalangan jurnalis. Terutama dalam menebarkan narasi-narasi positif kepada publik.

Baca Juga  Sejarah Barongsai dan Maknanya Saat Perayaan Imlek

Dia berharap, dengan lomba jurnalistik ini, praktik baik ini akan terus terjaga bahkan menjadi inspirasi bagi provinsi lain.

Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu Kemenag Susari mengatakan, Peserta lomba ini hanya dikhususkan jurnalis yang bertugas di Jawa Tengah.

Karya yang dilombakan adalah liputan feature atau softnews tentang indahnya perayaan Imlek di Jawa Tengah. Karya bisa berupa teks, foto, audio dan video.

Karya tersebut harus ditayangkan di media massa periode 6-10 Februari 2024. Data peserta lomba dan karya jurnalistik dikirim ke link: https://s.id/jurnalis2khc paling lambat pada Sabtu (10/2/2024) pukul 23.59 WIB.

“Lomba ini juga sebagai apresiasi atas kontribusi besar jurnalis. Seperti kita tahu dalam Perpres Nomor 58 Tahun 2023, salah satu pilar keberhasilan Program Penguatan Moderasi Beragama adalah pentingnya peran dari kalangan media,” ujar Susari. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life