Home » Negosiasi Putaran Ke-tiga Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik di Singapura

Negosiasi Putaran Ke-tiga Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik di Singapura

by Administrator Esensi
1 minutes read
Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity/IPEF

ESENSI.TV - SINGAPURA

Departemen Perdagangan Amerika Serikat dan Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) berpartisipasi dalam negosiasi putaran ke-tiga Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity/IPEF) di Singapura pada 8-15 Mei 2023.

Delegasi AS dipimpin bersama oleh Konselor Departemen Perdagangan AS yang juga Kepala Negosiator untuk Pilar II-IV IPEF, Sharon H. Yuan, dan Kepala Negosiator Pilar I IPEF yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) untuk Asia Tenggara dan Pasifik, Sarah Ellerman.

Menindaklanjuti diskusi negosiasi putaran ke-dua di Bali pada Maret 2023, delegasi AS sukses memimpin diskusi mendalam dengan mitra IPEF di Singapura pada 8-15 Mei tentang Pilar I (Perdagangan), II (Rantai Pasokan), III (Ekonomi Bersih), dan Pilar IV (Ekonomi Adil), dan senantiasa membuat kemajuan konkret dalam berbagai isu di bawah empat pilar tersebut.

Di sela-sela negosiasi Singapura, delegasi AS juga mengadakan taklimat dengan staf kongres dan ikut serta dalam sesi menyimak dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk masyarakat sipil, buruh, akademisi, dan komunitas bisnis.

Baca Juga  Jokowi: Konflik Myanmar Pertaruhkan Kredibilitas ASEAN

Taklimat dan sesi menyimak ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Pemerintahan Biden-Harris untuk memastikan transparansi dan menginformasikan lebih banyak tentang negosiasi IPEF kepada publik.

Putaran negosiasi IPEF yang diselenggarakan oleh Singapura merupakan putaran terakhir sebelum Pertemuan Tingkat Menteri IPEF di Detroit, Michigan, pada 27 Mei 2023, yang akan diselenggarakan oleh Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai.

Pertemuan Detroit merupakan peluang besar bagi para menteri untuk meninjau kemajuan saat ini di bawah empat pilar kerangka kerja (Perdagangan; Rantai Pasokan; Ekonomi Bersih; dan Ekonomi Adil) dan memberikan arahan kepada para negosiator yang bekerja untuk membuat kemajuan nyata secepat mungkin.

 

Editor: Darma Lubis

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life