Home » Pertama Kalinya Apple Kalahkan Samsung di Pasar Global

Pertama Kalinya Apple Kalahkan Samsung di Pasar Global

by fara dama
1 minutes read
iphone13

ESENSI.TV - JAKARTA

Apple melampaui Samsung di pasar ponsel dunia untuk pertama kalinya, sejak 13 tahun lalu. Hal ini menandai perubahan yang signifikan, seperti yang diketahui Samsung sudah mendominasi pasar global sudah berlangsung lama sejak tahun 2010 (13 tahun lalu).

Firma riset IDC memperkirakan total pengiriman ponsel Apple sebesar 234,6 juta, dibandingkan Samsung yang sebesar 226,6 juta. Angka ini menandakan Apple mampu bersaing di tengah luncuran jenis Android dengan spesifikasi yang semakin canggih.

Selanjutnya, ponsel Xiaomi, Oppo, dan Transsion melengkapi lima besar merek ponsel di pasar global dengan masing-masing pengiriman ponsel sebanyak 145,9 juta, 103,1 juta, dan 94,9 juta.

Meski begitu, Apple masih bersaing ketat dengan produsen Android lainnya seperti Huawei, OnePlus, Honor, dan Google.

Baca Juga  Airpods Versi Lite Segera Meluncur, Harga Lebih Murah

Persaingan Apple

Tidak dapat dipungkiri, di beberapa negara Apple belum berhasil mendominasi pasar, seperti di Tiongkok. Di Tiongkok Apple masih harus bersaing ketat dengan beberapa ponsel lokal.

Pesaing Apple dari perusahaan lokal seperti Huawei dan Xiaomi kini menawarkan model smartphone canggih dengan harga yang kompetitif.

Terkait hal ini,  penjualan iPhone di Tiongkok turun 30 persen pada minggu pertama 2024. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa peraturan pemerintah Tiongkok yang menghimbau masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri.

Untuk mensiasati anjloknya penjualan iPhone di Tiongkok, kini iPhone 15 diskon besar besaran. Potongan diskonnya pun terbilang lumayan, yakni 500 Yuan atau setara Rp 1 jutaan.

 

Editor : Dimas Adi Putra/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life