Home » POGI Persulit Rekomendasi Penambahan Dokter Obgyn RS Sidikalang, Ini Kata Ombudsman Sumut

POGI Persulit Rekomendasi Penambahan Dokter Obgyn RS Sidikalang, Ini Kata Ombudsman Sumut

by Junita Ariani
1 minutes read

Bupati Dairi, Edy Keleng mendatangi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut). Edy mengadu terkait belum dikeluarkannya rekomendasi untuk penambahan dokter spesialis di RS Sidikalang oleh Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) Sumut.

Penambahan dokter spesialis obgyn itu merupakan point yang harus dipenuhi terkait kasus bayi meninggal di dalam kandungan di RSUD Sidikalang.

Pihaknya, kata dia, datang untuk merespon Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) Ombudsman Sumut. Yakni, untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Sidikalang.

“Dari empat point, tinggal satu point lagi yang belum bisa kami penuhi. Yakni, belum dikeluarkannya surat rekomendasi dari POGI Sumut untuk penambahan dokter spesialis yang diminta Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi.

Padahal rekomendasi dari POGI itu merupakan syarat untuk menambah dokter Obgyn di RSUD Sidikalang.

Saat Dinkes Kabupaten Dairi meminta rekomendasi tersebut, POGI mengatakan ingin beraudiensi dulu ke Bupati Dairi barulah rekomendasi itu bisa dikeluarkan.

Rekomendasi penambahan dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi atas nama dr. Donny A Taufika, SpOG akan dibuat setelah adanya pertemuan audiensi.

Baca Juga  Healing Hemat di Tengah Kota! 7 Tempat Wisata yang Ramah Kantong

Antara Pengurus POGI Cabang SUMUT dengan Bupati Kabupaten Dairi yang difasilitasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi dan Direktur RSUD Sidikalang Kabupaten Dairi. Hal itu tertulis di Surat 021/POGLSU/IV/2023.

Hal itulah yang membuat Edy Keleng mencoba mengadukan hambatan itu ke Ombudsman Sumut. Edy berharap Ombudsman membantu menyelesaikan hal tersebut.

Menanggapi aduan tersebut, Kepala Ombudsman RI Sumut, Abyadi Siregar menilai bahwa POGI Sumut sepertinya ingin mempersulit.

Apalagi alasan POGI itu tidak masuk akal. Karena, syarat yang disampaikan untuk mendapatkan rekomendasi penambahan dokter itu harus audiensi dulu dengan Bupati Dairi.

“Sementara rumah sakit itu sangat membutuhkan dokter spesialis Obgyn,” kata Abyadi, Jumat (12/5/2023), di Medan.

POGI kata Abyadi, seharusnya membantu seluruh rumah sakit untuk meningkatkan layanannya dengan baik.

“Bukan dengan cara seperti ini membuat syarat yang aneh-aneh,” tegas Abyadi. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life