Home » Udah Tau Sejarah Borobudur Belum? Yuk Simak Sejarahnya!

Udah Tau Sejarah Borobudur Belum? Yuk Simak Sejarahnya!

by Administrator Esensi
2 minutes read
Sejarah Borobudur

ESENSI.TV - JAKARTA

Hai Sahabat Esensi! Apa kabar kalian? Kali ini kita akan ngobrolin sejarah salah satu tempat yang keren abis di dunia, yaitu Candi Borobudur. Nah, ini nih candi Buddha terbesar di dunia yang berada di Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh raja dari Kerajaan Sailendra yang namanya Samaratungga. Mantap banget kan!

Asal Usul Nama Candi Borobudur

Tau nggak, sejarah awalnya Candi Borobudur punya nama yang beda loh, guys. Dalam prasasti yang ditemukan di sekitar candi, namanya “Jinalaya” yang artinya “rumah para dewa”. Tapi, kemudian ada seorang arkeolog Belanda di abad ke-19 yang memberikan nama “Borobudur” buat candi ini. Katanya, “Borobudur” itu berasal dari “bara” yang artinya “asap” dan “beduhur” yang artinya “tinggi”. Nama itu dipilih karena waktu itu candi ini ditutupi abu vulkanik yang mirip asap, dan para arkeolog harus bekerja keras buat membersihkannya.

Warisan Budaya Dunia

Eh, Sahabat Esensi, Candi Borobudur juga udah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia sejak tahun 1991, lho! Ini menunjukkan betapa pentingnya candi ini dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia dan sejarah agama Buddha di wilayah kita. Gak heran deh kalau Candi Borobudur jadi destinasi wisata yang populer buat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mosaik Sejarah di Candi

Candi ini kaya banget cerita dan sejarah menarik, nih. Di dinding candinya, kita bisa lihat relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah kehidupan Buddha dan juga cerita-cerita dari masyarakat pada masa itu. Itu kayak lukisan batu yang luar biasa indah dan jadi saksi bisu dari masa lalu yang harus kita jaga dengan baik.

Baca Juga  Keunikan Kromoson 21 Jadi Pengingat Hari Down Syndrome Sedunia, 21 Maret

Restorasi Hebat

Pada tahun 1814, Candi Borobudur ditemukan dalam keadaan yang sangat memprihatinkan, Sahabat Esensi. Selama bertahun-tahun, candi ini tertutup abu vulkanik dan ditumbuhi vegetasi yang lebat. Tapi berkat upaya restorasi yang luar biasa, candi ini berhasil dikembalikan ke kejayaannya. Ini berkat kerja keras para ahli, arkeolog, dan sukarelawan dari berbagai negara yang berperan penting dalam proses restorasi ini.

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang wajib dikunjungi, khususnya buat kita sebagai generasi muda. Di sini kita bisa belajar banyak tentang sejarah, seni, dan nilai-nilai kehidupan yang sangat berharga. Mari kita jaga dengan baik warisan budaya kita, seperti Candi Borobudur ini, dan bangga menjadi anak muda Indonesia yang menghargai dan melestarikan keajaiban seperti ini.

Terus semangat dalam menjalani petualangan dan menambah pengetahuan, Sahabat Esensi! Dengan mengenal asal-usul tempat-tempat bersejarah seperti Candi Borobudur, kita dapat memahami akar budaya kita sendiri dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Selamat mengeksplorasi dunia dan menikmati keindahan warisan budaya Indonesia!

 

Editor: Junita Sianturi

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life