Home » Ayam Taliwang: Kuliner Khas Lombok yang Menggugah Selera

Ayam Taliwang: Kuliner Khas Lombok yang Menggugah Selera

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://img.kurio.network/iU_q9ETZ3iZ-w6SfPw80coAjVv8=/1200x675/filters:quality(80)/https://kurio-img.kurioapps.com/21/02/16/f247ea21-347b-47cd-b8fa-5bfdaf6a5855.jpe

Ayam Taliwang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Lombok, sebuah pulau indah di Nusa Tenggara Barat. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang Ayam Taliwang

Asal Usul Ayam Taliwang

Ayam Taliwang berasal dari daerah Karang Taliwang, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Hidangan ini pertama kali diciptakan oleh Haji Mamat pada tahun 1970-an. Sejak itu, Ayam Taliwang telah menjadi salah satu kuliner ikonik yang mewakili kota Mataram dan pulau Lombok.

Bahan Utama

Bahan utama dalam Ayam Taliwang adalah ayam kampung muda yang diolah dengan bumbu khas. Ayam ini biasanya utuh dan digoreng sebelum dicampur dengan bumbu.

Tekstur dan Cita Rasa Khas

Ayam Taliwang memiliki tekstur daging yang lembut dan cita rasa yang khas, yaitu gurih, pedas, dan sedikit manis. Bumbu-bumbu yang digunakan, seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, dan garam, memberikan hidangan ini rasa yang khas.

Proses Pembuatan

Ayam Taliwang dibumbui dengan campuran bumbu yang telah dihaluskan dan kemudian digoreng atau dibakar hingga matang sempurna. Proses penggorengan atau pembakaran ini memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada daging ayam.

Pengaruh Budaya Sasak

Ayam Taliwang mencerminkan budaya dan tradisi masyarakat Sasak, suku asli Lombok. Penggunaan bahan-bahan lokal dan bumbu khas membuktikan kekayaan budaya masyarakat setempat.

Baca Juga  6 Makan Malam Ini Bikin Mata Gak Ngantuk, Mau Coba?

Level Kepedasan yang Variatif

Salah satu ciri khas Ayam Taliwang adalah tingkat pedasnya yang dapat disesuaikan dengan selera. Penggemar pedas dapat meminta Ayam Taliwang dengan tingkat kepedasan yang sesuai dengan preferensi mereka.

Penyajian Tradisional

Ayam Taliwang sering disajikan dengan lalapan, seperti plecing kangkung atau genjer (sayuran khas Lombok), serta sambal terasi dan potongan jeruk nipis. Hidangan ini disajikan di atas daun pisang, memberikan sentuhan tradisional yang khas.

Populer di Seluruh Indonesia

Meskipun berasal dari Lombok, Ayam Taliwang telah mendapatkan popularitas di seluruh Indonesia. Banyak restoran dan penjual kaki lima di berbagai kota besar menyajikan Ayam Taliwang sebagai salah satu hidangan utama.

Kuliner Wisata

Ayam Taliwang telah menjadi daya tarik wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Rasanya yang khas dan pengaruh budayanya menjadikan hidangan ini diminati oleh banyak wisatawan.

Penghargaan dan Pengakuan

Karena kelezatan dan popularitasnya, Ayam Taliwang telah memenangkan berbagai penghargaan dan pengakuan kuliner baik di tingkat regional maupun nasional.

Ayam Taliwang adalah makanan yang mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia, khususnya dari pulau Lombok. Citarasa yang khas dan kesegaran hidangan ini menjadikannya pilihan yang populer bagi pencinta kuliner. Mengenal dan mencicipi Ayam Taliwang adalah mengenali keindahan budaya dan tradisi kuliner Indonesia yang kaya.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life