Home » Buka Rakernas Keempat, PDIP Undang Petani dan Nelayan

Buka Rakernas Keempat, PDIP Undang Petani dan Nelayan

by Addinda Zen
1 minutes read
Rakernas PDIP Pangan

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyelenggarakan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9) siang. Pembukaan Rakernas ini mengusung tema ‘Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat’. Pembukaan Rakernas dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sejalan dengan tema Rakernas, PDIP mengundang sekitar 4 ribu petani dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam Rakernas ke-IV ini, PDIP mendorong kesejahteraan petani dalam negeri untuk menyediakan pangan bagi masyarakat. Megawati dalam pidatonya menyebut, melalui petani, Rakernas ini menjadi kontemplasi ideologi tujuan kemerdekaan Indonesia.

“Karena itulah dalam Rakernas ini sengaja kami hadirkan perwakilan para petani dan juga nelayan budidaya laut se-Indonesia. Sebab, Rakernas ini menjadi bagian kontemplasi ideologi bahwa seluruh dialektika tentang mengapa Indonesia merdeka dan untuk siapa sebenarnya Indonesia harus merdeka,” ujar Megawati.

Penerapan Teknologi Pertanian

Bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo juga turut memberikan sambutan pembukaan. Dalam sambutan tersebut, Ganjar menyampaikan terkait kebijakan peningkatan produksi nasional. Peningkatan ini termasuk juga penerapan teknologi terapan pertanian.

Baca Juga  Isu Korupsi BTS Kominfo yang Libatkan Suami Puan Maharani Menguap. Benarkah?

“Ada beberapa poin yang coba kita catat. Pertama, bagaimana kita mengeksekusi. Karena di ruangan ini ada dari eksekutif baik dari pusat maupun daerah yang berkewajiban untuk melaksanakan undang-undang dan tentu saja kebijakan fiskal untuk memberikan stimulus bagi inovasi peningkatan produksi nasional. Termasuk penerapan teknologi terapan pertanian dan pembangunan,”

Rakernas ini akan digelar selama 3 hari hingga 1 Oktober 2023. Sejumlah menteri jajaran kabinet Presiden Joko Widodo juga terlihat hadir dalam pembukaan Rakernas ini. Di antaranya yaitu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Tidak hanya itu, pembukaan Rakernas ke-IV PDIP juga dihadiri Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Mardiono. Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang.

Pembukaan Rakernas ke-IV PDIP ditutup dengan penyerahan bibit benuh padi secara simbolis dari perwakilan petani dan peluncuran 38 mobil bioskop keliling PDIP.

 

Editor: Dimas Adi Putra/Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life