Home » Elon Musk Akan Ke IKN Bangun Starlink

Elon Musk Akan Ke IKN Bangun Starlink

by fara dama
1 minutes read
Elon Musk

ESENSI.TV - JAKARTA

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, miliarder Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia melalui Starlink. Hal ini disampaikan Luhut beberapa waktu lalu.

Menurut Luhut, dirinya sudah berkomunikasi dengan Elon Musk terkait investasi yang akan ditanamkan Elon di IKN.

“Saya dengan Elon Musk teleponan minggu lalu, hari Jumat. Kan Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai persyaratannya,” kata Kemenko Marves, Rabu (7/2/2024).

Sejalan dengan persyaratan untuk masuknya Starlink ke Indonesia hampir selesai, Starlink akan dipasang di Indonesia jika seluruh prosedur terpenuhi dan melakukan uji laik operasi (ULO).

Baca Juga  Tempat Tinggal ASN di IKN dalam Bentuk Apartemen

Investasi Starlink di IKN ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tersedia jaringan internet yang memadai.

Uji Laik Operasi Starlink

Terkait hal ini, Uji Laik Operasi (ULO) adalah pengujian sistem secara teknis dan operasional dalam pemenuhan standar minimum Penyelenggaraan Telekomunikasi.

Starlink sebelumnya sudah dibangun di negara tetangga yakni Australia. Perusahaan Australia Telstra bermitra dengan Starlink, perusahaan milik Elon Musk. Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan jaringan internet di area pedalaman Australia.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur tahap I IKN ditargetkan kementerian PUPR rampung pada tahun 2024.

Editor : Dimas Adi Putra/Addinda Zen

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life