Home » Game Toleransi Beragama Karya Siswa MAN 2 Banyumas Raih Medali Emas

Game Toleransi Beragama Karya Siswa MAN 2 Banyumas Raih Medali Emas

by Junita Ariani
2 minutes read
Tim riset MAN 2 Banyumas meraih medali emas untuk katagori Social Science pada the World Youth Invention And Innovation Award, (WYIIA) 2023.

ESENSI.TV - BANYUMAS

Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas kembali meraih prestasi internasional. Tim riset MAN 2 Banyumas meraih medali emas untuk katagori Social Science pada the World Youth Invention And Innovation Award, (WYIIA) 2023.

Tim riset MAN 2 Banyumas menampilkan inovasi berupa game toleransi beragama pada WYIIA 2023. Game ini sebagai terobosan dalam upaya mengatasi kasus intoleransi beragama.

Dibaut dalam bentuk Game Based Learning, inovasi ini diharapkan dapat menarik minat remaja untuk belajar toleransi beragama.

“Secara tidak langsung mereka memperoleh edukasi yang matang terkait praktik toleransi beragama. Baik di lingkungan sekolah, madrasah maupun di lingkungan masyarakat,” kata Pembina Tim Riset MAN 2 Banyumas, Adit di Banyumas, Senin (16/10/2023).

Dikatakannya, tim ini beranggotakan empat siswa MAN 2 Banyumas. Mereka adalah Cantika Abhinaya Zayyan dan Safara Sabilatul Khudaibiyyah (kelas XII IPS I), serta Fathan Nadhif Atarahman dan Shiffa Luthfianie Ibrahim (kelas X Riset).

WYIIA 2023 diselenggarakan oleh The Indonesian Young Scientists Association (IYSA). Acara ini berlangsung dari 10-14 Oktober di Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta.

Sebanyak 387 tim dari 17 negara mengikuti WYIIA, antara lain dari negara Puerto Rico, Kazhakstan, Thailand, Romania, Republik Korea.

Baca Juga  Indonesia Menempati Peringkat Bawah Di Bidang Inovasi

Kemudian, Malaysia, Mexico, Amerika Serikat, Iran, Nepal, Timor Leste, UEA, Turkey, Vietnam, dan Saudi Arabia.

Kontribusi Nyata kepada Bangsa

Cantika Abhinaya Zayyan menghaturkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantunya dan tim. Mulai dari proses awal hingga akhir penyusunan riset.

Rentetan prestasi di ajang internasional yang diraih siswa-siswi ini menjadi kontribusi nyata madrasah kepada bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan prestasi ini juga dapat menginspirasi dan memotivasi adik-adik kelas kami agar berani tampil di ajang internasional,” katanya.

Safara Sabilatul Khudaibiyyah mengaku keikutsertaannya pada WYIIA 2023 telah menambah pengalaman, wawasan, dan portofolio.

Selain itu kegiatan ini juga mampu melatih kesabaran, kedisiplinan dan kerja sama antar anggota tim.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri Banyumas, H Muhammad Siswanto, MPdI menyambut gembira dan mengapresiasi prestasi siswanya pada WYIIA 2023.

Medali emas yang didapat menjadi bukti komitmen MAN 2 Banyumas untuk terus mengukir prestasi, baik akademik dan non akademik.

Berbagai prestasi lainnya terus diupayakan guna mewujudkan madrasah Indonesia yang mendunia.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life