Home » Indonesia Miliki Potensi EBT hingga 3.686 Gigawatt

Indonesia Miliki Potensi EBT hingga 3.686 Gigawatt

by Ale Luna
1 minutes read
Indonesia Miliki Potensi EBT hingga 3.686 Gigawatt /ESDM

Indonesia miliki potensi EBT atau Energi Baru dan Terbarukan hingga 3.686 gigawatt (GW). EBT tersebut mulai dari energi surya, bayu (angin), hidro, bioenergi, panas bumi, dan juga laut.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan bahwa EBT yang dimiliki Indonesia tidak akan habis.

“Tidak kalah pentingnya, karena negara kita memiliki banyak lautan, di laut pun mulai arus, ombak, sampai pasang surutnya itupun bisa dikonversi menjadi listrik,” kata Rida dalam keterangannya, dikutip Senin (6/2).

“Itu sudah kita identifikasi kira-kira berapa potensinya kalau diubah menjadi listrik. Tercatat sampai ini hampir 3.700 GW,” lanjut dia.

Rida menjelaskan, kapasitas terpasang pembangkit listrik di Indonesia di tahun 2022 mencapai 81,2 GW. Jumlah tersebut masih dapat dikembangkan dan dimanfaatkan melihat potensi EBT Indonesia mencapai 3.686 GW.

Baca Juga  Direktur IMF Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jauh di Atas Rata-rata

“Listrik Indonesia saat ini kurang lebih 81 GW, bayangkan kita memiliki sumber 3700 GW. Ini masih banyak sekali. Artinya apa, ini adalah modal kita yang lebih dari cukup untuk melakukan transisi energi dengan cara dimanfaatkannya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, energi yang saat ini sedang kita nikmati sebagian besar berasal dari fosil. Penggunaan batu bara pada pembangkit masih menjadi pilihan selama masa transisi energi berlangsung.

Meski demikian, hal tersebut bukanlah sebuah kesalahan atau hal yang perlu disesali. Justru hal yang patut disyukuri sebab Indonesia dikaruniai batubara yang berlimpah yang dimanfaatkan untuk pergerakan ekonomi.

“Itu tidak salah, yang salah adalah kalau kita tidak melakukan apa-apa. Kita kan punya batubara banyak, itu tidak perlu disesali, malah harus disyukuri karena itu adalah anugerah Allah SWT,” katanya.*

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life