Home » Ini 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengkonsumsi Buah Setiap Hari

Ini 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengkonsumsi Buah Setiap Hari

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi buah-buahan. Foto: Image by Freepik

ESENSI.TV - JAKARTA

Buah mengandung  gula alami, sehingga efek manis yang ditimbulkannya tentu lebih ringan dibandingkan dengan makanan dengan gula buatan, seperti permen dan minuman manis.

American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi empat porsi buah sehari sebagai bagian dari strategi makan sehat.

Berikut empat alasan mengapa kamu perlu mendapatkan asupan buah setiap hari, mengutip tulisan Cynthia Sass di laman Heatlh yang telah direview oleh ahli diet Elizabeth Barnes, Jumat (15/12/2023).

1. Pemakan Buah Cenderung Berat Badannya Lebih Ringan

Buah-buahan mengandung banyak gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dan lain-lain. Gula yang sama juga diketahui menyebabkan obesitas.

Meski demikian, bukan berarti buah-buahan menyebabkan obesitas. Meskipun hal ini mungkin tampak kontradiktif, buah sebenarnya memiliki efek anti-obesitas.

Jadi, daripada kue, pilihlah apel segar, buah persik yang berair, atau segenggam blueberry segar. Kebanyakan buah-buahan memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan makanan yang dipanggang dan bisa mengenyangkan jika dimakan utuh (bukan dikeringkan).

2. Buah Dikemas Dengan Air dan Serat

Selain memiliki nutrisi yang mengesankan, buah utuh juga kaya akan air dan serat. Air dan serat inilah yang membuat buah segar begitu mengenyangkan.

Mereka juga membantu membuat gula alami dalam buah-buahan menjadi kurang pekat dibandingkan gula dalam makanan manis lainnya.

Baca Juga  Kamu Terkena Diare? Coba Ingat-Ingat! Mungkin Akibat 4 Hal Ini

3. Buah Mengandung Zat Pelindung yang Berharga

Bahkan pada buah-buahan yang lebih manis setiap gigitannya, gulanya mengandung zat pelindung yang berharga. Mangga, misalnya, telah terbukti mencegah atau menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara dan usus besar.

4. Buah Mengandung Antioksidan yang Luar Biasa

Jika kamu menginginkan sumber antioksidan yang baik, Anda bisa memilih buah-buahan dan sayuran. Makanan ini mengandung beberapa antioksidan, termasuk vitamin C dan E, selenium, dan karotenoid.

Meskipun kamu bisa mendapatkan antioksidan dari suplemen, kamu mungkin tidak melihat manfaat yang sama seperti jika mendapatkan antioksidan yang sama dari buah dan sayuran.

Orang yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa penyakit.

Suplemen tampaknya tidak memiliki manfaat yang sama dalam menurunkan risiko penyakit.

Selain itu, antioksidan dalam suplemen dapat menyebabkan masalah kesehatan (yang tidak terdapat dalam makanan).

Suplemen dapat menimbulkan efek kesehatan yang negatif bila dikonsumsi dalam dosis tinggi dan dapat berinteraksi dengan obat-obatan.6

Jika kamu mengonsumsi suplemen, pastikan untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatan mana pun yang kamu temui. Mereka pasti ingin mengetahuinya, terutama jika mereka meresepkan obat.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life