Home » Kemendag Gelar Business Counseling di TEI ke-38, Diikuti 377 Pengusaha

Kemendag Gelar Business Counseling di TEI ke-38, Diikuti 377 Pengusaha

by Junita Ariani
1 minutes read
Kemendag menggelar Konseling Bisnis (Business Counseling) pada gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38, Jumat, (20/10/2023).

Kementerian Perdagangan atau Kemendag menggelar Konseling Bisnis (Business Counseling) pada gelaran Trade Expo Indonesia atau TEI ke-38, Jumat, (20/10/2023).

Business Counseling ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten.

Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag, Ganef Judawati mengatakan, Konseling Bisnis bertujuan untuk membantu para pelaku UKM.

Melakukan konsultasi secara langsung dengan perwakilan perdagangan terkait akses untuk melakukan penetrasi pasar ke luar negeri.

Ganef mengatakan, Business Counseling dibagi dalam dua sesi. Pertama dilaksanakan pukul 08.30-11.30 untuk para ekshibitor. Sesi kedua digelar mulai pukul 13.30-15.30 untuk para pengunjung TEI atau umum.

Pada sesi konsultasi bisnis ini, kata dia, hadir 45 Perwakilan Perdagangan (Perwadag) di Luar Negeri. Terdiri atas para Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

Hadir juga Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, dan Konsul Dagang Hongkong.

“Tercatat 377 peserta yang meliputi pelaku UKM, eksportir, dan calon eksportir yang merupakan ekshibitor. Kemudian para pengunjung TEI telah mengikuti Business Counseling,” jelasnya.

Baca Juga  Penta Valent Listing di BEI, Harga Penawaran Rp149

Business Counseling pada TEI ke-38 ini kata Ganef, digelar dengan tujuan agar para pelaku UKM mendapatkan wawasan, pengetahuan, informasi.

dan pemahaman tentang peluang dan permasalahan ekspor yang dihadapi dalam mendapatkan akses dan penetrasi ke pasar luar negeri.

“Business Counseling ini juga merupakan wadah untuk berbagi informasi mengenai isu-isu perdagangan, adaptasi produk, informasi buyers. Serta regulasi impor di negara akreditasi,” ungkapnya.

Ganef menuturkan, melalui Business Counseling ini, para pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan mendapatkan solusi atas permasalahan ekspor yang dihadapi.

“Kami juga berharap, komunikasi antara perwadag dan peserta kegiatan Business Counseling tidak hanya berhenti di sini. Tetapi terus berlanjut dalam bentuk bimbingan dan pendampingan bagi pelaku UKM dalam melakukan ekspor,” pungkas Ganef. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life