Home » Komisi VIII Sebut Pelaksanaan Haji di Kota Batam Capai 90 Persen

Komisi VIII Sebut Pelaksanaan Haji di Kota Batam Capai 90 Persen

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - BATAM

Menjelang penyelenggaraan haji 2023, Komisi VIII DPR melakukan kunjungan kerja (kunker) peninjauan fasilitas dan layanan asrama haji Kota Batam.

Menurut anggota Komisi VIII DPR Maman Imanul Haq yang memimpin tim kunker, Asrama Haji Kota Batam representatif. Siap digunakan untuk tempat singgah calon jemaah haji sebelum dan setelah berangkat ke tanah suci.

“Kami melihat kesiapan pemberangkatan ibadah haji di Batam ini sudah sangat siap. Asrama hajinya sudah representatif, petugasnya pun sudah siap,” ujar Maman dalam keterangan tertulis yang dikutip, Sabtu (13/5/2023).

Maman mengatakan, peninjauan ini merupakan salah satu rangkaian dari Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR ke Kota Batam, Kamis (11/5/2023).

Ia juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Batam dalam mempersiapkan pelaksanaan haji 2023 yang sudah mencapai 90 persen. Di mana pemberangkatan haji akan dimulai pada 24 Mei untuk kloter pertama.

“Inilah yang disebut sinergitas. Karena yang kita berangkatkan adalah tamu-tamu Allah dan tamu Rasulullah. Sekaligus juga menjadi duta-duta kita di luar negeri di tanah suci Mekkah itu,” ujarnya.

Baca Juga  Gratis Masuk Ancol pada 3 Februari untuk 20 Ribu Pengunjung

Yang Belum Lunas Bipih

Dalam kunjungan tersebut, Maman menyoroti juga soal calon jemaah haji yang belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji perjalanan ibadah haji (Bipih).

Ia mengatakan bahwa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau siap melakukan jemput bola.

“Kendalanya apa dan di mana, Pak Kanwil siap jemput bola untuk seluruh jemaah. Sehingga, jemaah yang mendapat giliran tahun ini dapat berangkat seluruhnya,” tegasnya.

Terakhir, Maman menyinggung perihal 60 persen lebih calon jemaah haji Indonesia tahun ini merupakan lanjut usia (Lansia).

Ia berpesan kepada Kemenag agar menjamin bahwa petugas-petugas yang nanti melayani jemaah adalah petugas yang profesional.

Kemudian punya arahan untuk menghadapi psikologi orang-orang lansia. Dan, yang tidak kalah penting adalah fasilitas yang tidak memberatkan lansia itu sendiri.

Untuk memastikan semua aspek yang disebutkannya itu terpenuhi, Panitia Kerja (Panja) Haji Komisi VIII kata dia, akan turut berangkat ke tanah suci melakukan pengawasan. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life