Home » Rencana Kerja Sama Pencak Silat dengan Mexico City akan Ditindaklanjuti

Rencana Kerja Sama Pencak Silat dengan Mexico City akan Ditindaklanjuti

by Junita Ariani
2 minutes read
Menpora Dito menerima cindramata dari Dubes Indonesia untuk Mexico City, Cosmas Cheppy Triprakoso Wartono usai beraudiensi mengenai tindaklanjut kerjasama di bidang olahraga pencak silat.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo, mencoba menindaklanjuti kembali kerja sama di bidang olahraga cabor pencak silat dengan pemerintah Mexico City.

Hal itu terungkap saat Menpora menerima audiensi Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mexico City, Cosmas Cheppy Triprakoso Wartono dan rombongan.

Dubes RI untuk Mexico City Cosmas Cheppy Triprakoso Wartono juga hadir bersama Counsellor Bantan Nugroho dan Staf KBRI untuk Mexico City Adellina Soemantri.

“Terima kasih mas Menteri atas kesempatan ini. Kita rencananya mau menindaklanjuti rencana kerjasama yang sebelumnya telah dibahas,” kata Cheppy di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Menurutnya, rencana kerjasama adalah terkait permintaan dukungan atas cabang olahraga (Cabor) pencak silat agar dapat dipertandingkan di olimpiade.

“Dulu inisiatifnya dari menteri yang sebelumnya tentang pencak silat agar bisa dipertandingkan ke olimpiade. Karena dari sana perlu dukungan beberapa negara salah satunya dari Mexico ini,” urainya.

Pertukaran Pelatih

Cheppy berharap, jika rencana kerjasama ini dapat dilanjutkan, akan ada pertukaran pelatih dibeberapa cabor dan pelatihan di antara kedua negara.

“Harapan kita kalau bisa dapat dukungan dari Mexico kita bisa tukar kerjasama dibidang olahraga. Karena Mexico ini kuat di sepakbolanya mas, PSSI nya Mexico ini top banget. Stadionnya di sana juga bagus-bagus,” jelasnya.

Dari pihak Pemerintah Mexico lanjutnya, telah selesai dan siap untuk kerjasama dengan Indonesia. Seharusnya kerjasama ini sudah terlaksana beberapa waktu lalu. Namun dikarenakan pihak dari Indonesia merasa tidak siap maka terjadi penundaan.

Baca Juga  Menpora Buka Festival Pemuda Indonesia 2023

“Memang tidak ada konsekuensi apa-apa apalagi dengan Kemenpora karena tidak ada kepentingan apa-apa. Itu masing-masing PB (pengurus besar cabor) saja. Karena kepentingannya pencak silat bisa ke olimpiade 2032 untuk di ekshibisikan,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, pelatih badminton juga sudah dikirim. Sehingga pertukaran kerja sama di bidang olahraga sebenarnya sudah berjalan.

“Rencananya nanti kita bisa dapat kerjasama di cabor tinju dan sepak bola. Mereka dari Mexico ini akan datang saat kita jadi tuan rumah U-17. Jadi, kalau bisa secepat mungkin bisa di tandatangani rencana kerjasama ini mas menteri,” pintanya.

Menpora Dito menilai rencana kerjasama dengan Pemerintah Mexico terkait dukungan pencak silat dapat diekshibisikan di olimpiade dapat dilaksanakan.

“Kita coba untuk teruskan kembali saja (rencana kerjasama di cabor pencak silat) tidak apa-apa. Dan ini sudah clear ya tidak ada kaitannya dengan anggaran jadi lanjutkan saja,” jelas Menpora.

Terkait teknis kerjasamanya, kata Menpora, nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut.

“Semoga ada kesempatan kita dapat berkunjung dan melanjutkan rencana kerjasama ini,” imbuh Menpora.

Dalam kesempatan itu, Menpora didampingi Staf Khusus Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra. Serta Staf Khusus Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga Hasintya Saraswati. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life