Home » Nikmati Petualangan Kuliner Tradisional di Tanah Kalimantan Timur yang Menggugah Selera

Nikmati Petualangan Kuliner Tradisional di Tanah Kalimantan Timur yang Menggugah Selera

by Agita Maheswari
2 minutes read
Kuliner Tradisional di Tanah Kalimantan Timur

ESENSI.TV - JAKARTA

Yo, Sobat Esensi! Kali ini kita bakal bahas tentang kuliner tradisional khas Kalimantan Timur. Kalimantan Timur, daerah yang terletak di bagian timur Pulau Kalimantan, nggak cuma punya keindahan alam yang bikin hati senang, tapi juga punya kekayaan kuliner yang nggak kalah seru, bro! Jadi, siap-siap aja buat makan-makan seru dan rasakan kelezatan kuliner tradisional Kalimantan Timur yang bikin lidah kamu bergoyang dan perut kenyang!

  1. Dayak Bakas: Hidangan Ayam dengan Aroma Bumbu yang Menggoda

Pertama-tama, kita nggak boleh lewatkan Dayak Bakas, hidangan ayam khas Kalimantan Timur yang wajib kamu cicipi, Sobat Esensi. Dayak Bakas ini terbuat dari ayam yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah seperti kunyit, lengkuas, serai, dan daun salam. Proses pemasakan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya memberikan aroma yang khas dan cita rasa yang istimewa pada ayamnya. Saat kamu gigit, daging ayamnya juicy dan penuh dengan rempah-rempah yang meresap sempurna. Cobain deh makan Dayak Bakas sambil menikmati suasana alam Kalimantan Timur, pasti makin nikmat!

  1. Pansoh Manok: Hidangan Tradisional dengan Campuran Daging dan Bumbu yang Menggugah Selera

Sobat Esensi, kamu juga harus nyobain Pansoh Manok, hidangan tradisional khas Kalimantan Timur yang bikin lidah bergoyang. Pansoh Manok ini terbuat dari campuran daging ayam atau daging babi dengan bumbu rempah seperti lengkuas, daun salam, dan serai. Uniknya, hidangan ini dimasak dengan cara dipanggang dalam bambu dengan tambahan air dan santan kelapa. Proses pemanggangan dalam bambu memberikan aroma yang khas dan cita rasa yang istimewa pada dagingnya. Ketika kamu mencicipi Pansoh Manok, rasanya gurih dan lezat banget! Jangan lupa tambahkan nasi hangat sebagai teman makan, biar makin enak!

  1. Keladi Bakar: Camilan Gurih yang Menggugah Selera

Nggak cuma makanan berat, Kalimantan Timur juga punya camilan tradisional yang nggak boleh kamu lewatkan, Sobat Esensi. Salah satunya adalah Keladi Bakar, camilan khas yang terbuat dari keladi yang dipanggang dengan bumbu rempah dan minyak kelapa. Keladi Bakar memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuatnya menjadi camilan yang pas disantap di waktu luang. Cocok banget buat ngemil sambil menikmati sore hari!

  1. Rendang Banjar: Kuliner Khas dengan Rasa Pedas yang Menggoda
Baca Juga  Guacamole: Kelezatan Meksiko yang Penuh Warna

Sobat Esensi, jangan lupa mencicipi Rendang Banjar, hidangan khas Kalimantan Timur yang punya cita rasa yang bikin kamu ketagihan. Rendang Banjar terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah khas, seperti serai, cabai, dan ketumbar. Proses memasaknya yang lama dan menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna membuat Rendang Banjar memiliki rasa yang begitu lezat. Rendang ini biasanya memiliki tingkat kepedasan yang sedang sampai pedas, jadi cocok banget buat kamu yang suka dengan makanan pedas!

  1. Bubur Sarabba: Dessert Manis yang Menggoyang Lidah

Terakhir, jangan lupa cicipi Bubur Sarabba, dessert tradisional khas Kalimantan Timur yang bikin lidah kamu bergoyang kegirangan. Bubur Sarabba terbuat dari beras ketan hitam yang dimasak dengan santan dan gula merah. Rasanya yang manis, creamy, dan memiliki aroma pandan yang khas membuat Bubur Sarabba menjadi hidangan penutup yang pas setelah makanan berat. Kamu bisa menambahkan taburan kelapa parut atau biji salak sebagai pelengkap, bro, biar makin nikmat!

Itulah beberapa makanan tradisional khas Kalimantan Timur yang wajib kamu coba, Sobat Esensi. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang unik dan bikin kamu ketagihan. Jadi, jangan lupa ajak teman-teman kamu buat makan-makan seru dan rasakan kelezatan kuliner tradisional Kalimantan Timur yang bikin lidah bergoyang dan perut minta lagi.

 

Editor: Darma Lubis

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life