Home » Ramai Dibicarakan, Ini Penjelasan ITB Terkait Pinjol untuk Pembayaran UKT

Ramai Dibicarakan, Ini Penjelasan ITB Terkait Pinjol untuk Pembayaran UKT

by Junita Ariani
2 minutes read
Ilustrasi. Ramai dibicarakan tentang Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan cicilan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa melalui skema pinjaman online (pinjol). 

ESENSI.TV - BANDUNG

Ramai dibicarakan tentang Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan cicilan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa melalui skema pinjol (pinjaman online).

Institut Teknologi Bandung berkolaborasi dengan Danacita agar memungkinkan mahasiswa bisa mencicil uang kuliah dalam 6 hingga 12 kali. Namun, cicilan tersebut ternyata memiliki bunga layanan pinjol.

Menanggapi hal itu, ITB memberikan tanggapan resmi terhadap dinamika wacana yang berkembang melalui  press release dikutip, Minggu (4/2/2024).

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Naomi Haswanto, dalam rilisnya mengatakan, pertama, pihaknya memandang dinamika tersebut sebagai bentuk ekspresi opini.

Institut Teknologi Bandung menjunjung tinggi kebebasan menyatakan opini di ruang publik, sebagai wujud dari nilai demokrasi,” jelasnya.

Kedua, ITB memandang perlu menyampaikan penjelasan berkenaan dengan kebijakan dan administrasi penyelenggaraan studi mahasiswa. Sebagai bentuk perwujudan nilai transparansi dan akuntabilitas publik. Penjelasan tersebut kami uraikan sebagai berikut:

Dikatakannya, berbagai skema telah diimplementasikan untuk membantu pembiayaan pendidikan mahasiswa, melalui program-program beasiswa.

Skema bantuan tersebut mencakup biaya hidup hingga pembayaran UKT, bergantung pada kebutuhan yang dipandang prioritas.

Implementasi program-program tersebut merupakan bentuk kepedulian ITB terhadap keberlanjutan studi mahasiswa. Dengan tidak mengesampingkan aturan dan ketentuan yang sudah disepakati bersama.

Baca Juga  Mahasiswa Terlilit Utang demi Cicil UKT, Apakah Keputusan Bijaksana?

ITB kata Naomi, telah mengimplementasikan sistem untuk menghindari terjadinya penunggakan UKT yang dapat merugikan berbagai pihak.

“ITB telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra dalam penyediaan beasiswa, sebagai upaya untuk mendukung keberlangsungan studi mahasiswa. Baik dengan pemerintah maupun non pemerintah,” jelasnya.

Jalin Kemitraan

Mengenai opsi-opsi pembayaran UKT, kata Naomi, pihaknya telah menjalin kemitraan dengan sejumlah pihak. Salah satunya adalah lembaga non-bank yang bergerak khusus di bidang pendidikan.

Dan, sudah terdaftar serta mendapatkan pengawasan yang ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari praktik penyalahgunaan.

Institut Teknologi Bandung kata Naomi, menjunjung tinggi kebebasan menyatakan opini di ruang publik, sebagai hak demokrasi setiap warga negara.

Demikian pula, ITB memiliki hak untuk memberikan penjelasan tentang kebijakan dan administrasi yang dijalankan ITB, sebagai bentuk akuntabilitas publik.

“Mari terus kita tingkatkan langkah-langkah kolaboratif demi kebaikan bersama, dengan disertai niat yang tulus. Mari kita jaga kebersamaan ini dengan sikap-sikap yang kondusif, dan menghindari langkah-langkah yang berpotensi menimbulkan kesalahpahaman,” jelasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life