Home » WHO Luncurkan CoViNet, Jaringan Global Untuk Virus Corona

WHO Luncurkan CoViNet, Jaringan Global Untuk Virus Corona

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

WHO telah meluncurkan jaringan baru untuk virus corona, CoViNet, untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan keahlian dan kapasitas global untuk deteksi dini dan akurat, pemantauan dan penilaian terhadap SARS-CoV-2, MERS-CoV dan virus corona baru yang penting bagi kesehatan masyarakat.

CoViNet memperluas jaringan laboratorium rujukan COVID-19 WHO yang dibentuk pada masa-masa awal pandemi.

Awalnya, jaringan laboratorium ini berfokus pada SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, namun kini akan menangani virus corona yang lebih luas, termasuk MERS-CoV dan potensi virus corona baru.

CoViNet adalah jaringan laboratorium global dengan keahlian dalam pengawasan virus corona pada manusia, hewan, dan lingkungan.

Jaringan tersebut saat ini mencakup 36 laboratorium dari 21 negara di 6 wilayah WHO.

Perwakilan laboratorium bertemu di Jenewa pada tanggal 26 – 27 Maret untuk menyelesaikan rencana aksi untuk tahun 2024-2025.

Sehingga Negara Anggota WHO lebih siap dalam melakukan deteksi dini, penilaian risiko, dan respons terhadap tantangan kesehatan terkait virus corona.

Pertemuan Para Ahli Global

Pertemuan CoViNet mempertemukan para ahli global di bidang kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan, yang menerapkan pendekatan One Health yang komprehensif untuk memantau dan menilai evolusi dan penyebaran virus corona.

Baca Juga  Pandemi COVID-19 Berakhir, Yuk Lanjutkan Rutinitas Ini!

Kolaborasi ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan pengawasan, kapasitas laboratorium, pengurutan, dan integrasi data untuk menginformasikan kebijakan WHO dan mendukung pengambilan keputusan.

“Virus corona berulang kali menunjukkan risiko epidemi dan pandeminya. Kami berterima kasih kepada mitra kami di seluruh dunia yang berupaya untuk lebih memahami virus corona dengan ancaman tinggi seperti SARS, MERS, dan COVID-19, serta untuk mendeteksi virus corona baru,” kata Dr Maria Van Kerkhove, penjabat Direktur Departemen Kesiapsiagaan dan Pencegahan Epidemi dan Pandemi WHO, dalam keterangan WHO, dikutip Minggu (31/3/2024).

“Jaringan global baru untuk virus corona ini akan memastikan deteksi, pemantauan, dan penilaian virus corona yang penting bagi kesehatan masyarakat secara tepat waktu.”

Data yang dihasilkan melalui upaya CoViNet akan memandu pekerjaan Kelompok Penasihat Teknis WHO mengenai Evolusi Virus (TAG-VE) dan Komposisi Vaksin (TAG-CO-VAC) dan lainnya, memastikan kebijakan dan alat kesehatan global didasarkan pada informasi ilmiah terkini.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life