Home » Airlangga Sebut Hingga Oktober 170 PSN Rampung

Airlangga Sebut Hingga Oktober 170 PSN Rampung

by Junita Ariani
1 minutes read
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sejak 2016 hingga Oktober 2023, pemerintah telah merampungkan sebanyak 170 proyek strategis nasional (PSN).

Dalam waktu delapan tahun, sejak 2016 hingga Oktober 2023, pemerintah telah merampungkan sebanyak 170 proyek strategis nasional atau PSN.

“Jadi tadi dilaporkan ke Bapak Presiden bahwa sampai dengan 4 Oktober ini telah diselesaikan 170 proyek PSN. Dengan nilai investasi sebesar Rp1.299,41 triliun dan 61 proyek dalam tahap konstruksi,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto.

Proyek-proyek tersebut tersebar di sejumlah sektor. Di antaranya pembangunan infrastruktur konektivitas seperti pelabuhan, tol, kereta api, hingga bandar udara.

Kemudian, peningkatan ketahanan energi; pengembangan kawasan dan hilirisasi industri; penyediaan infrastruktur dasar. Seperti sistem penyediaan air minum (SPAM), bendungan, irigasi, dan jaringan telekomunikasi.

Selajutnya, sektor lainnya seperti teknologi, perkebunan, pendidikan, dan pariwisata.

“Proyeknya baik itu jalan tol, pelabuhan, high speed train Jakarta-Bandung, ini juga sudah selesai. Nilainya Rp125,7 triliun. Kemudian LRT (lintas raya terpadu) Rp29,9 triliun,” terang Airlangga dalam keerangan pers yang dikutip Jumat (6/10/2023) di Jakarta.

Selain itu kata Airlangga, ada juga berbagai kawasan industri, berbagai bendungan, dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Serpong-Cinere, dan Tol Pasuruan

Menko Perekonomian menambahkan, terdapat 16 proyek strategis nasional yang akan selesai dan segera diresmikan. Seperti Jalan Tol Kisaran-Tebingtinggi, Pelabuhan Likupang, Makassar New Port, sejumlah bendungan, serta Tangguh LNG Train 3.

Baca Juga  Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Melambat ke Bawah 5%, Apa Penyebabnya?

Sebanyak 25 PSN Tahun 2024

Sementara untuk tahun 2024, Airlangga mengatakan pemerintah menargetkan untuk dapat menyelesaikan sebanyak 25 PSN hingga 20 Oktober 2024. Dengan nilai investasi sebesar Rp151,48 triliun.

“Baik itu proyek jalan tol, kawasan industri, kemudian bandara, juga Benoa Maritime Tourism Hub, kawasan industri, dan juga kampus Universitas Islam Indonesia,” ujarnya.

Kemudian proyek yang ditargetkan selesai pada periode 20 Oktober hingga Desember 2024 adalah sebanyak 12 proyek bernilai Rp23,45 triliun. Di samping itu, terdapat 42 proyek yang penyelesaiannya diproyeksikan melewati tahun 2024.

“Ada proyek yang sifatnya konstruksinya sudah berjalan, sudah beroperasi sebagian, dan penyelesaiannya lewat dari tahun 2024. Nah, ini jumlah proyeknya ada 42 dan nilai proyeknya Rp1.427,36 triliun. Karena sifatnya proyeknya sudah berjalan dan finansialnya sudah closing. Tentunya ini proyek berlanjut sampai dengan selesai,” jelas Airlangga.

Sebelumnya, Menko Perekonomian mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (5/10/2023). *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life