Home » Banjir Grobogan Kian Meluas, Purwodadi Masih Lumpuh

Banjir Grobogan Kian Meluas, Purwodadi Masih Lumpuh

by Junita Ariani
1 minutes read
Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, kian meluas hingga, Sabtu (16/3/2024).

ESENSI.TV - GROBOGAN

Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, kian meluas hingga, Sabtu (16/3/2024). Banjir yang terjadi sejak Rabu (13/3/2024) itu merupakan banjir kiriman dari hulu Sungai Lusi di wilayah timur.

Dan, banjir ini lebih besar dibandingkan kejadian serupa di awal bulan Februari lalu. Bahkan ketinggian muka air juga lebih tinggi dan bertahan dalam durasi yang cukup lama.

Demikian laporan situasi disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, Endang Sulistyoningsih, Sabtu (16/3/2024).

Menurutnya, banjir yang melanda kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah itu ditengarai karena wilayah hulu Sungai Lusi terus mengirimkan debit air.

Hal itu diperparah dengan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Pantauan elevasi DAS Sungai Lusi dari Pos Menduran berada pada level AWAS atau di angka 10.37 meter, Sabtu (16/3/2024) pukul 01.00 WIB dini hari. Kondisi ini belum berubah dari pantauan pada hari sebelumnya.

Baca Juga  Banjir Cirebon, Motor Pegawai Pabrik Terendam

Secara topografi wilayah Kabupaten Grobogan merupakan daerah dataran rendah berupa cekungan yang diapit oleh Pegunungan Kapur Utara (utara) dan Pegunungan Kendeng (selatan).

Kondisi itu juga diduga menjadi salah satu faktor penyebab banjir di Grobogan masih bertahan sejak dua hari sebelumnya.

Kota Purwodadi Masih Lumpuh

Menurut laporan dari tinjauan lapangan yang dilakukan Kasie Kedaruratan BPBD Kabupaten Grobogan, Masrichan, wilayah Kota Purwodadi masih tergenang.

Jalan protokol di pusat kota lumpuh dan belum dapat dilalui oleh beberapa jenis kendaraan tertentu. Titik terdalam genangan banjir di Kota Purwodadi berada di Perempatan Kencana, Tugu Patung Kuda dan depan SMA Negeri 1 Purwodadi di jalan R. Soeprapto.

Kepada masyarakat maupun pengguna jalan yang hendak melewati Kota Purwodadi dari arah Kota Solo maupun Kabupaten Blora dan Pati mengambil jalur alternatif lainnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life