Home » Ceviche: Kelezatan Hidangan Segar yang Menggugah Selera

Ceviche: Kelezatan Hidangan Segar yang Menggugah Selera

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.foodandwine.com/thmb/KTcqJrZbH0_JQjDyyc6masu9dS8=/1500x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/FAW-recipes-classic-ceviche-hero-5d7fb52b2fa447a2a2d462e3146d1732.jpg

Ceviche adalah hidangan segar yang populer di berbagai negara di Amerika Latin, terutama di pesisir laut. Hidangan ini terbuat dari ikan mentah atau seafood lain yang dicampur dengan bahan-bahan segar seperti jus jeruk nipis, bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah. Ceviche adalah contoh sempurna dari hidangan yang segar dan lezat yang memadukan rasa dan tekstur yang menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 fakta menarik tentang ceviche:

Asal Usul yang Kuno

Ceviche memiliki sejarah yang sangat panjang, yang dapat ditelusuri kembali ke peradaban asli di Amerika Latin, terutama di Peru. Ini adalah hidangan tradisional yang telah ada selama berabad-abad.

Proses “Menggulung” Ikan

Ceviche melibatkan perendaman ikan atau seafood dalam cairan asam, terutama jus jeruk nipis atau jeruk, yang memungkinkan daging ikan “dimasak” oleh asam. Proses ini dikenal sebagai “menggulung.”

Variasi Regional

Setiap negara di Amerika Latin memiliki variasi ceviche yang unik. Misalnya, ceviche Peru sering disajikan dengan potongan ubi manis, sementara di Meksiko, ceviche dapat mengandung potongan tomat dan saus tomat.

Bahan Utama

Bahan utama dalam ceviche adalah ikan segar atau seafood seperti udang, cumi-cumi, atau kerang. Daging ikan harus segar dan berkualitas tinggi untuk menghasilkan ceviche yang lezat.

Rempah-Rempah

Rempah-rempah adalah elemen kunci dalam ceviche. Bawang putih, bawang merah, cabai, dan ketumbar sering digunakan untuk memberikan rasa dan kelezatan yang khas.

Baca Juga  Bulgogi: Kelezatan Daging Panggang ala Korea

Protein Cepat Matang

Ceviche adalah hidangan yang cepat matang karena proses “menggulung” ikan dalam cairan asam hanya memerlukan beberapa menit. Ini membuat hidangan ini sangat cocok untuk dipersiapkan dan dinikmati dalam waktu singkat.

Kaya Nutrisi

Ceviche adalah sumber protein berkualitas tinggi dan kaya vitamin, mineral, dan antioksidan dari bahan-bahan segar yang digunakan.

Penyajian Segar

Ceviche sering disajikan dingin, sehingga sangat cocok untuk hari-hari panas dan sebagai hidangan pembuka yang menyegarkan.

Pengaruh Global

Ceviche telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan sering disajikan di restoran-restoran gourmet. Variasi eksperimental ceviche juga semakin populer.

Ceviche Street Food

Di banyak negara Amerika Latin, Anda dapat menemukan ceviche yang dijual di pasar tradisional dan sebagai makanan jalanan. Ini adalah cara yang sempurna untuk mencicipi rasa lokal.

Ceviche adalah hidangan yang menggugah selera, segar, dan sehat yang memadukan rasa ikan segar dengan kelezatan dari bumbu dan jus jeruk nipis. Ini adalah contoh sempurna dari masakan yang merayakan bahan-bahan segar dan sederhana. Selamat menikmati kelezatan ceviche dalam berbagai variasi regionalnya yang lezat dan beragam.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life