Home » Crumble: Lezatnya Hidangan Klasik dari Dapur Barat

Crumble: Lezatnya Hidangan Klasik dari Dapur Barat

by Administrator Esensi
1 minutes read
https://www.thespruceeats.com/thmb/-bVlJWWpe2Am8FOue9ub-LqLr0A=/1500x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/fresh-plum-crumble-3059288-hero-03-468289c129c0499e98ade2141ed4befd.jpghttps://www.thespruceeats.com/thmb/-bVlJWWpe2Am8FOue9ub-LqLr0A=/1500x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/fresh-plum-crumble-3059288-hero-03-468289c129c0499e98ade2141ed4befd.jpg

Crumble adalah salah satu hidangan penutup klasik yang populer di banyak negara Barat. Hidangan ini terkenal karena tekstur renyahnya di bagian atas dan rasa manis dan lezatnya. Crumble biasanya terdiri dari buah-buahan yang dipadu dengan campuran tepung, gula, dan mentega yang membentuk lapisan renyah ketika dipanggang. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 fakta menarik tentang crumble:

Asal Usul

Crumble berasal dari Inggris dan menjadi populer selama Perang Dunia Kedua sebagai solusi untuk kurangnya bahan makanan. Crumble adalah alternatif yang lebih hemat biaya untuk pai yang menggunakan buah sebagai bahan utama.

Bahan Utama

Bahan utama crumble adalah buah-buahan segar seperti apel, ceri, raspberry, blueberry, peach, atau buah lainnya sesuai selera. Selain buah, tepung, gula, dan mentega digunakan untuk membuat lapisan renyah.

Topping Renyah

Topping crumble terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan mentega yang dihancurkan menjadi bentuk remah atau serpihan. Ketika dipanggang, topping ini menjadi renyah dan memberikan kontras yang sempurna dengan buah yang lembut di bawahnya.

Kombinasi Buah

Crumble memungkinkan untuk berkreasi dengan kombinasi buah yang berbeda. Beberapa crumble menggunakan campuran buah untuk menciptakan rasa yang lebih kompleks.

Teknik Memasak

Proses pembuatan crumble melibatkan mencampurkan tepung dan gula dengan mentega dingin hingga membentuk remah. Topping ini kemudian diberikan di atas buah yang telah dipotong dan disiapkan dalam loyang.

Baca Juga  Snack Favorit Orang Jogja, Ini Bakpia!

Rasa Manis dan Asam

Crumble memiliki rasa manis yang seimbang dengan asam dari buah yang digunakan. Kombinasi ini menciptakan harmoni rasa yang memikat.

Penghidangan Tradisional

Crumble sering disajikan dengan es krim atau krim kocok sebagai pendamping untuk menambahkan rasa dan tekstur yang lebih variatif.

Popularitas Global

Meskipun asalnya dari Inggris, crumble telah menjadi hidangan penutup populer di seluruh dunia, terutama di negara-negara Barat.

Variasi Resep

Ada berbagai resep crumble dengan variasi topping dan buah yang digunakan. Beberapa juga menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis atau vanila untuk meningkatkan rasa.

Hidangan Hangat

Crumble paling enak dimakan saat masih hangat. Kelezatan buah yang lembut, dikombinasikan dengan renyahnya topping, memberikan pengalaman rasa yang luar biasa.

Crumble adalah hidangan penutup yang sederhana namun lezat. Kombinasi buah-buahan dengan topping renyah menciptakan sensasi rasa yang memikat. Hidangan ini juga memberikan fleksibilitas untuk eksperimen dengan berbagai buah dan topping sesuai selera individu. Mencicipi crumble adalah seperti mengambil gigitan dari kenangan masa kecil yang manis dan menghangatkan hati.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life