Home » Hari Kanker Sedunia: Yuk! Sadari Bahaya Kanker Sejak Dini

Hari Kanker Sedunia: Yuk! Sadari Bahaya Kanker Sejak Dini

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi pasien kanker. Foto: Image by Freepik

ESENSI.TV - JAKARTA

Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari merupakan inisiatif pemersatu global yang dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC).

Cara pencegahan dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran di seluruh dunia, meningkatkan pendidikan, dan mendorong tindakan pribadi, kolektif dan pemerintah.

Jadi semua orang bekerja sama untuk membayangkan kembali sebuah dunia di mana jutaan kematian akibat kanker yang dapat dicegah dapat diselamatkan dan akses terhadap pengobatan dan perawatan kanker yang menyelamatkan jiwa adalah adil bagi semua orang.

“Tidak peduli apa pun penyakitnya. siapa kamu atau di mana kamu tinggal,” tulis Union for International Cancer Control (UICC), inisiator World Cancer Day, dalam laman resminya, dikutip Senin (5/2/2024).

Diciptakan pada tahun 2000, Hari Kanker Sedunia telah berkembang menjadi gerakan positif bagi semua orang, di mana pun untuk bersatu dalam satu suara untuk menghadapi salah satu tantangan terbesar dalam sejarah.

Setiap tahunnya, ratusan aktivitas dan acara berlangsung di seluruh dunia, mengumpulkan komunitas, organisasi dan individu di sekolah, bisnis, rumah sakit, pasar, taman, balai komunitas, tempat ibadah, di jalan-jalan dan online, bertindak sebagai pengingat yang kuat bahwa kita semua mempunyai peran dalam mengurangi dampak global kanker.

Baca Juga  Jangan Pernah Minum Obat Setelah Makan 4 Buah Ini

Hambatan Dapat Perawatan Kanker

Meskipun kita hidup di masa dengan kemajuan yang menakjubkan dalam pencegahan, diagnosis, dan pengobatan kanker, banyak dari kita yang mencari perawatan kanker menghadapi hambatan di setiap kesempatan.

Pendapatan, pendidikan, lokasi geografis dan diskriminasi berdasarkan etnis, gender, orientasi seksual, usia, disabilitas dan gaya hidup hanyalah beberapa faktor yang dapat berdampak negatif terhadap layanan kesehatan.

Jadi, tema Hari Kanker Sedunia tahun ini, “Close the Care Gap”, adalah tentang memastikan para pemimpin kita mengetahui bahwa kita menuntut komitmen untuk memprioritaskan kanker, untuk menciptakan strategi inovatif yang dirancang untuk menghadapi ketidakadilan dan untuk menginvestasikan sumber daya kita untuk mencapai keadilan dan dunia bebas kanker.

“Kami akan menyerukan kepada para pemimpin untuk menghilangkan kesenjangan kesehatan dengan mengatasi akar permasalahannya, memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas kapan, di mana, dan bagaimana mereka membutuhkannya,” tulis Union for International Cancer Control (UICC).

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life