Home » Hati-Hati Pakai QRIS, Perhatikan 3 Tips Berikut Ini!

Hati-Hati Pakai QRIS, Perhatikan 3 Tips Berikut Ini!

by Administrator Esensi
2 minutes read
Ilustrasi transaksi di QRIS. Foto: Ist

Sosial media dihebohkan dengan berita viral seorang pegawai ice cream hits saat tengah melakukan pembayaran di kasir. Pasalnya, terdapat customer yang melakukan pembayaran melalui metode QRIS.

Setelah kepergok pemilik usaha, pegawai itu kemudian mengakui perbuatannya dengan raut wajah tenang, tak ada ketakutan sama sekali. Ia bahkan mengaku selama 3 bulan sudah meraup uang Rp45 juta, dan tak pernah ketahuan.

“Perkenalkan nama saya A****. saya umur 19 tahun. Saya bekerja di Legato Gelato, saya mengakui bahwa saya mengambil uang senilai Rp45 juta dengan nominal sehari Rp500 ribu. Saya bekerja disini sudah 1 tahun, dan saya mengambilnya sudah dari Juli akhir, dan itu terhitung sudah 3 bulan,” tutur oknum pegawai.

Melihat ekspresi pegawai tersebut, sang owner kesal sekaligus geleng-geleng kepala.

“Santai banget mukanya. Ngaku nyolong lebih kaya lagi mau lamar kerja,” ungkap sang owner. “Enak banget jaga kasir dapat Rp45 juta, pensiun jadi owner aja kaliya?” tambahnya.

Bukannya minta maaf, pelaku malah mengucapkan terima kasih. Owner langsung berikan sindiran menohok. “Terima kasih nenek moyang lu kepentok meja,” balas sang owner.

Pernah Dibantu Carikan Lowongan Pekerjaan

Owner itu pun mengenang saat dulu oknum pegawai itu dicariin kerja oleh ayahnya sampai keliling mall. “Gak ada takut-takunya. Padahal papanya keliling mall cariin dia loker,” tuturnya.

Ketika aksi pencurian yang dilakukan putrinya itu dilaporkan kepada ayahnya, sang ayah langsung berwajah pucat.

“Tadi kita langsung ketemu papanya, papanya langsun pucet, padahal baik banget lho papanya,” lanjutnya.

Video pengakuan pelaku pun bikin geram netizen. Mereka menyebut pelaku sama sekali tidak merasa bersalah ataupun mall sudah menggelapkan uang puluhan juta,

Baca Juga  Presiden Berharap Sulsel Suplai Beras ke Daerah Lain

Tips Menggunakan QRIS

Nah untuk menghindari kasus di atas, coba simak tips aman  bertransaksi dengan kode QR berikut ini:

1. Lakukan Pengecekan Secara Rinci

Nurcahya Pradana Taufik Prakisya, dosen ilmu komputer dan teknik komputer Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), mengatakan “Penipuan dengan kode QR memiliki konsep yang sama dengan penipuan yang terhubung ke browser, hanya metodenya yang berbeda.” Beliau juga menjelaskan banyak hal yang perlu dipahami oleh pembayar dan penerima jika akan menggunakan metode pembayaran digital untuk menyelesaikan transaksi.

Bagi seorang kasir, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan kode QR yang akan dipindai berasal dari tempat yang jelas. Misalnya, jika kita harus membayar bisnis di hotel, pastikan kode QR di dapat dari lokasi tersebut.

2. Tanyakan Identitas Pembayar

Yang kedua, jangan mengatakan atau membagikan kata sandi atau informasi sensitif yang dapat digunakan oleh oknum untuk melakukan kejahatan. Selanjutnya, bagi yang akan menerima pembayaran menggunakan sistem scan QR code, berhati-hatilah ketika ada pihak yang komplain terkait pembayaran. Bisa jadi komplain tersebut hanyalah tipu daya dari pelaku yang memang memiliki tujuan yang tidak baik.

3. Cek Transaksi dengan Aplikasi QRIS

Terakhir, jika Anda adalah pengguna kode QR dari QRIS, maka Anda sangat beruntung. Karena QRIS telah meluncurkan aplikasi yang dapat diunduh di Google Playstore dan Appstore. Dengan aplikasi QRIS, pemilik merchant dapat melihat histori transaksi dan cek jadwal settlement.

 

Editor : Firda / Radja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life