Home » Ini Manfaat Makan Pisang Emas, Baik untuk Ginjal

Ini Manfaat Makan Pisang Emas, Baik untuk Ginjal

by Junita Ariani
1 minutes read
Pisang mas ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pisang mas atau emas merupakan salah satu jenis pisang yang berukuran kecil, dengan diameter antara 3-4 cm. Pisang ini memiliki kulit tipis dan berwarna kuning terang (lebih kuning dari pisang lampung).

Rasanya yang manis membuat buah ini banyak disajikan sebagai pencuci mulut. Tidak hanya kaya akan nutrisi, buah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaatnya?

Berikut disampaikan manfaat buah pisangemas bagi kesehatan, Jumat (6/10/2023).

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada pisang emas sangat baik untuk saluran pencernaan. Pencernaan akan terhindar dari berbagai macam gangguan, sehingga kesehatan sistem pencernaan kita tetap terjaga.

2. Mengoptimalkan fungsi ginjal dan jantung

Pisang yang satu ini juga mengandung potasium yang dapat mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Hal ini akan membantu fungsi ginjal tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

Memakan pisang emas juga akan mengurangi risiko terkena batu ginjal. Kandungan potasium dalam buah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Mineral elektrolit ini membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh, sehingga jantung tetap berdetak dengan baik.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah yang satu ini ternyata memiliki kandungan kalium yang tinggi serta sodium yang rendah. Perpaduan keduanya sangat baik untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi risiko terkena stroke.

Baca Juga  Berpikir Positif: Kebiasaan Baik dan Dampak Luar Biasa dalam Kehidupan Sehari-hari

Berdasarkan sejumlah penelitian, kondisi stres dapat menguras jumlah potasium yang ada dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang emas secara teratur, kamu tidak perlu khawatir kehabisan potasium dalam tubuh.

Sebab, pisang mas mengandung banyak potasium sehingga tubuh akan selalu memperoleh asupan potasium. Kandungan potasium ini juga dapat memberikan efek menenangkan pikiran yang terkadang sedang jenuh atau suntuk.

4. Menyehatkan penglihatan

Mengonsumsi buah bertektur lunak ini secara teratur setiap hari ternyata dapat menyehatkan indera penglihatan.  Gangguan penglihatan yang diatasi adalah yang berkaitan dengan usia.

Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara mengonsumsinya minimal 3 porsi buah setiap harinya.

5. Mengatasi sakit maag

Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag, mengonsumsi buah pisang mas dapat mengurangi kambuhnya maag. Hal ini karena buah ini memiliki efek antasid yang sangat berguna untuk mengatasi gejala maag.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life