Home » Ini Penyebab dan Cara Mengurangi Mata Panda Secara Alami

Ini Penyebab dan Cara Mengurangi Mata Panda Secara Alami

by Junita Ariani
2 minutes read
Mata Panda

ESENSI.TV - JAKARTA

Mata panda adalah lingkaran hitam di sekitar mata. Munculnya lingkara hitam pada mata ini umumnya disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah begadang atau kesulitan tidur.

Mata panda adalah kondisi yang umum dimiliki oleh seseorang, baik pria maupun wanita. Sebagian besar wanita akan menutupinya dengan make up untuk memperbaiki penampilan.

Namun, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena umumnya mata panda tidak berbahaya dan bersifat sementara.

Dari beberapa referensi yang dikumpulkan Esensi.tv, Senin (23/10/2023), ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mata panda. Sebut saja diantaranya karena faktor genetik, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, terlalu lama di depan laptop.

Atau bisa juga disebabkan alergi dan seringnya begadang. Selain beberapa faktor di atas, mata panda juga dapat disebabkan oleh bertambahnya usia.

Yang mengakibatkan tubuh akan mengalami penipisan kulit sehingga jaringan lemak dan kolagen berkurang. Hal tersebut akan menyebabkan pembuluh darah yang ada di bawah mata menonjol dan mengakibatkan kulit terlihat lebih gelap.

Lantas bagaimana cara mengurangi lingkaran hitam pada mata? Ada beberapa cara alami dan aman untuk mengurangi mata panda yang dapat dilakukan di rumah.

1. Menggunakan Kompres Dingin

Kompres dingin menjadi salah satu cara mengatasi mata panda. Pasalnya, mata panda muncul karena adanya pelebaran pembuluh darah.

Kompres dingin mampu membantu meredakan bengkak sekaligus mengecilkan pembuluh darah yang melebar di bawah mata.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan peralatan seperti handuk kecil dan juga es batu. Bungkus es batu dengan handuk lalu tempelkan di bawah mata.

Lakukan aktivitas tersebut setidaknya selama 20 menit. Anda juga bisa melakukannya dengan merendam handuk di air dingin lalu menempelkannya di kulit sekitar mata.

Baca Juga  Sangat Alami! Lakukan Cara Ini Biar Kulit Wajah Cantik dan Berseri

2. Tidur dengan Posisi Tepat

Lingkaran hitam juga dapat muncul karena posisi tidur yang kurang tepat. Untuk itu, salah satu cara mengurangi mata panda secara alami yaitu dengan membenarkan posisi tidur.

Saat sedang tidur, buat posisi kepala yang cukup tinggi dengan bantuan beberapa bantal. Hal ini dilakukan agar cairan mata tidak menggenang pada bagian bawah mata karena dapat menyebabkan mata bengkak.

Selain itu, pastikan juga Anda memiliki kualitas tidur yang baik. Umumnya, kualitas tidur yang baik adalah selama 7-8 jam sehari di waktu yang tepat.

3. Menggunakan Bahan Alami

Cara lain mengurangi lingkaran hitam pada mata adalah dengan mengoleskan bahan-bahan alami, seperti minyak almond dan gel lidah buaya.

Penelitian menemukan bahwa bahan-bahan tersebut mengandung antiradang dan antioksidan yang mampu mengurangi warna gelap sekaligus pembengkakan pada mata.

Lidah buaya maupun minyak almond juga dapat meningkatkan kelembapan kulit di sekitar mata sehingga terlihat lebih cerah. Namun, hindari aplikasinya secara berlebihan karena akan membuat mata Anda iritasi.

4. Olahraga Secara Teratur

Xara selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga menjadi salah satu cara mengurangi lingkaran hitam secara alami.

Hal ini didukung dengan penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas fisik secara rutin dapat menjaga kecerahan kulit serta mengurangi tanda penuaan.

Dengan berolahraga, Anda akan merasa lebih cepat mengantuk dan tidur dengan nyenyak sehingga terhindar dari begadang.

Itulah empat cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi lingkaaran hitam pada area mata Anda. Selamat Mencoba!

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life