Home » John Kenedy Azis: Jangan Ada Satupun Kuota Haji yang Kosong

John Kenedy Azis: Jangan Ada Satupun Kuota Haji yang Kosong

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Anggota Komisi VIII DPR RI John Kennedy Azis

ESENSI.TV - JAKARTA

Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis meminta Pemerintah maksimalkan kuota haji sebanyak 221.000 orang calon jamaah tahun 2023.

Selain itu, legislator Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga mengharapkan Pemerintah menggunakan kuota tambahan sebanyak 8.000 orang calon jamaah haji yang telah diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sehingga, tidak ada satupun kuota haji yang kosong atau tidak digunakan oleh calon jamaah haji dari Indonesia.

“Pihak Kemenag tidak usah juga malu-malu kalau ada kuota haji reguler yang tidak terpakai,” jelasnya, seperti dilansir dari IG resmi Golkar, golkar.indonesia, Rabu (24/5/2023).

Dia mengatakan Kemendag masih memiliki opsi untuk menyerahkan kuota ini kepada penyelenggara ibadah haji khusus untuk dimanfaatkan.

Dengan demikian, kuota yang diperoleh Indonesia dapat dimaksimalkan, menyusul tingginya minat masyarakat untuk menjalankan ibadah haji.

Jamaah Haji Indonesia Mulai Mendarat di Madinah

Sebelumnya, Jemaah haji Indonesia akan mulai mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Rabu (24/5/2023). Dijadwalkan ada 16 kloter yang mendarat pada hari pertama kedatangan.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Bandara akan menempatkan petugas pada setiap terminal kedatangan jemaah.

Baca Juga  Moratorium PMI ke Timur Tengah Dicabut, Komisi IX: Perlindungan Harus Diperkuat

Kepala Daker Bandara Haryanto mengatakan itu saat memimpin timnya dalam orientasi lapangan di Bandara AMAA Madinah, Selasa (23/5/202).

“Fase kedatangan gelombang pertama di Madinah segera dimulai. Kita akan siapkan petugas di seluruh tempat di bandara Madinah untuk menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia,” terang Haryanto.

Di bandara AMAA Madinah, kata dia, ada empat terminal kedatangan jemaah haji Indonesia. Yaitu, terminal Fast Track, terminal Zero, terminal Haji, dan terminal Internasional.

Dijadwalkan, total ada 6.383 jemaah yang akan tiba di Madinah pada hari pertama. Mereka tersebar dalam 16 kelompok terbang (kloter).

“Jemaah haji kloter pertama berjumlah 393 jamaah. Mereka diberangkatkan dengan Garuda Indonesia dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Dan, akan mendarat di bandara AMAA melalui terminal Fast Track,” jelasnya.

Terminal Fastrack tahun ini menjadi layanan yang khusus diberikan kepada jemaah haji Indonesia yang terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.*

Email : ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life