Home » KAI Dukung Program Motor Gratis, Pendaftaran Hingga 18 April, Buruan Daftar

KAI Dukung Program Motor Gratis, Pendaftaran Hingga 18 April, Buruan Daftar

by Junita Ariani
2 minutes read
PT KAI mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang digelar Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub.

ESENSI.TV -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang digelar Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Untuk dapat mengikuti program Motis 2024, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan persyaratan yakni KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK, Besaran Motor <200 CC.

Kemudian mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk; Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program motor gratis ini.

Program ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

“KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis,” jelas Didiek dalam keterangannya dikutip Minggu (17/3/2024).

Didiek mengatakan, dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi.

Selain itu juga dapat meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini.

Dikatakannya, DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan.

Pertama, Lintas Utara (PP): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang.

Baca Juga  Barantin Belawan Hadirkan Q-IPAS, Inovasi Baru Tingkatkan Layanan Publik

Kedua, Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.

Ketiga, Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Manfaatkan Motis 2024

Menurut Didiek, Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan motor gratis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024,” terangnya.

Didiek mengatakan, masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor. Dan, hanya Rp10 ribu hingga Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya.

Untuk info lebih lanjut terkait Motis, masyarakat dapat mengakses mudikgratis.dephub.go.id atau akun Instagram @motis_2024.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar berharap penyelenggaraan angkutan Motis kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Ayo manfaatkan Motis 2024. Dan, jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya,” tutup Arif. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life