Home » Kemenag Luncurkan Madrasah English Community

Kemenag Luncurkan Madrasah English Community

by Ale Luna
1 minutes read
Kemenag Luncurkan Madrasah English Community/Kemenag

ESENSI.TV - JAKARTA

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag luncurkan Madrasah English Community (MEC). Program ini merupalan program pengembangan bahasa Inggris di madrasah.

Program tersebut diinisiasi oleh kerja sama antara Direktorat KSKK Madrasah dan Peace Corps. Kegiatan MEC secara offline dilaksanakan di MTsN 7 Kediri sebagai salah satu madrasah yang menerima volunteer guru bahasa Inggris dari Peace Corps.

Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom dan Direktur Peace Corps. Country, Christie Scott mengapresiasi kegiatan ini. Pasalnya, kegiatan ini membantu meningkatkan kapasitas bahasa Inggris siswa-siswi madrasah.

“Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, mau tidak mau, ke depan kita akan menjadi bagian dari komunitas internasional. Kegiatan ini merupakan kesempatan berharga untuk menambah kemampuan bahasa Inggris sejak dini,” kata Moh Isom dalam keterangannya, Kamis (25/5).

MEC merupakan kegiatan belajar bersama bahasa Inggris secara hybrid yang diasuh secara langsung oleh native speaker (penutur asli) untuk siswa-siswi madrasah jenjang MTs dan MA. Kegiatan perdana MEC ini diikuti 352 lembaga MTs dari seluruh Indonesia secara online.

Baca Juga  Empat Kali Beredar Ulang Foto Salah Cetak Al-Kahfi: 8, Kok Bisa?

Setiap lembaganya terdiri dari 2 hingga 3 kelas, dan setiap kelasnya terdiri dari 20-30 siswa. Mereka menggunakan platform zoom secara bersama-sama untuk mengikuti pembelajaran bahasa Inggris ini.

Rencanana kegiatan pembelajaran bahasa Inggris secara online ini akan diselenggarakan setiap satu bulan sekali (monthly).

Salah satu siswi MTsN 7 Kediri, Chantika Aurora Tiarani, kelas 7G yang mengikuti pembelajaran ini secara offline merasa senang bisa langsung belajar dengan orang asli Amerika.

“Kami bisa mendengar langsung ungkapan bahasa Inggris dari penutur asli. Apalagi gurunya cantik dan murah senyum. Kita juga akan terbiasa mendengarkan orang asli Amerika bisa. Kita juga tidak minder lagi untuk bicara langsung dengan orang native,” kata dia.

Informasi lain seputar Kementerian Agama bisa akses laman www.kemenag.go.id.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaetrkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life