Home » Kementerian ESDM Serahkan 875 Unit PJU-TS ke Pemprov Sumatera Selatan

Kementerian ESDM Serahkan 875 Unit PJU-TS ke Pemprov Sumatera Selatan

by Junita Ariani
2 minutes read
Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) menyerahkan secara simbolis 235 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul

ESENSI.TV - PALEMBANG

Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) menyerahkan 300 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya atau PJU-TS yang dipasang pada tahun 2022.

Selain itu juga diserahkan 575 unit PJU-TS yang tengah dibangun pada tahun 2023. Sehingga total PJU-TS yang diserahkan kepada Pemprov Sumatera Selatan sebanyak 875 Unit.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Hendra Iswahyudi mengatakan itu dalam keterangan tertulis, Kamis (19/10/2023) di Palembang.

Menurutnya, pemasangan PJU-TS ini menjadi salah satu upaya Kementerian ESDM agar pemanfaatan anggaran negara dirasakan langsung oleh masyarakat. Terutama lapisan menengah ke bawah.

Dijelaskannya, 300 unit lampu surya yang dipasang pada tahun 2022 tersebar di lima kota. Yaitu kota Palembang, Musi Rawas Utara, Banyuasin, Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Ilir.

Sementara 575 unit lampu surya yang tengah dipasang pada tahun 2023 tersebar di lima kota. Yaitu kota Palembang, Musi Rawas Utara, Banyuasin, kota Lubuk Linggau dan Musi Rawas.

Pemasangan PJU-TS ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam era transisi energi dalam meningkatkan pemanfaatan energi bersih. Untuk mendukung penurunan emisi gas rumah kaca.

Baca Juga  Saatnya Literasi Digital Masuk Kurikulum Pendidikan.

“PJU-TS per unit dengan kapasitas 300 Wp dapat membantu penurunan emisi gas rumah kaca. Dengan tetap memperhatikan kandungan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN),” ujarnya.

Solusi Efisiensi Tenaga Listrik

Pemanfaatan energi surya kata Hendra, juga menjadi salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan. Utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN.

“Pemasangan PJU-TS ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah. Untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan,” ujarnya.

Apalagi, pemerintah telah menerapkan tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan pemerintah. Termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3).

Hendra berharap pemasangan PJU-TS ini dapat dijaga bersama masyarakat agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

Penanggung Jawab Walikota Palembang, H Ratu Dewa  mengatakan, bantuan pemasangan PJU-TS di Kota Palembang telah dilaksanakan sejak tahun 2020.

“PJU-TS sangat membantu meningkatkan keamanan dari kriminalisasi pada malam hari di kota Palembang,” jelasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life