Home » KLB Polio, Pemerintah Wajib Terapkan Vaksinasi Sesuai Pedoman WHO

KLB Polio, Pemerintah Wajib Terapkan Vaksinasi Sesuai Pedoman WHO

by Junita Ariani
1 minutes read
Pemerintah diminta untuk menerapkan kembali vaksinasi polio sesuai pedoman WHO.

ESENSI.TV - JAKARTA

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengatakan, temuan Kejadian Luar Biasa (KLB) polio di beberapa daerah adalah tantangan baru sistem kesehatan Indonesia yang harus diperhatikan.

Berdasarkan data Kemenkes, terjadi penurunan cakupan vaksin polio, baik OPV maupun IPV sejak 2 tahun terakhir. Pada tahun 2020, cakupan vaksinasi OPV mencapai 86,8 persen, kemudian menurun pada tahun 2021 menjadi 80,2 persen.

Bahkan, beberapa daerah cakupan vaksinasinya kurang dari 50 persen sejak tahun 2020.

“Ini persoalan penting yang harus diperhatikan. Jangan karena sudah memegang sertifikat bebas polio sejak 2014, kita menjadi terlena dan tidak mawas diri. Salah satu indikatornya adalah penurunan cakupan imunisasi balita,” kata Netty di Jakarta, Jumat (20/01/2024).

Masyarakat kata Netty, harus dicerdaskan bahwa vaksinasi pada saat ini adalah upaya pencegahan penyakit yang telah teruji secara klinis dan ilmiah.

Baca Juga  Ini 10 Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Soal Vaksin Booster dan Jawabannya

Netty mendukung langkah Kemenkes RI yang menyelenggarakan imunisasi tambahan atau Sub-Pekan Imunisasi Nasional Polio.

Ia meminta pemerintah untuk mensosialisasikan kegiatan PIN Polio ke masyarakat agar efektif dan dapat mencegah munculnya kasus di masa depan.

Selain itu, Netty juga ini mendesak pemerintah menerapkan vaksinasi sesuai dengan pedoman WHO.

“Pastikan vaksinasi polio dilakukan sesuai dengan pedoman WHO, yaitu, soal cakupannya yang harus di atas 95 persen,” jelasnya

Ia mendorong pemerintah mencegah disinformasi soal vaksinasi polio dengan menggandeng berbagai pihak. Jangan sampai masyarakat resisten terhadap vaksinasi akibat disinformasi.

“Libatkan berbagai stakeholder untuk mencegah menyebarnya hoaks. Masyarakat harus dicerdaskan bahwa vaksinasi pada saat ini adalah upaya pencegahan penyakit yang telah teruji secara klinis dan ilmiah,” pungkasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life