Home » Menhan Prabowo Ingatkan Netralitas TNI

Menhan Prabowo Ingatkan Netralitas TNI

by Junita Ariani
1 minutes read
Menhan Prabowo Subianto meminta jajaran TNI menjaga netralitas, khususnya dalam menghadapi Pemilu 2024.

Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo Subianto meminta jajaran TNI (Tentara Nasional Indonesia) menjaga netralitas, khususnya dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Hal itu dikatakan Prabowo dalam amanat tertulis yang dibacakan Kabalitbang Kemhan, Kamis (5/10/2023), dalam peringatan HUT ke-78 TNI. Kegiatan tersebut diadakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Lapangan Bela Negara, Jakarta.

Adapun tema dari HUT TNI ini adalah “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

“Selamat Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia. Tingkatkan kualitas dan efektivitas dalam menjalankan tugas sebagai komponen utama dalam pertahanan negara,” ujar Menhan Prabowo.

Selain menjaga sikap netralitas, Prabowo juga meminta prajurit TNI bertanggung jawab mengawal demokrasi. Tanggung jawab ini dilakukan untuk menjaga stabilitas politik, keamanan dan ketery.

“TNI harus memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan baik, bebas dari gangguan serta sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi,” ujarnya.

Menhan mengatakan, kolaborasi yang baik antara Kemhan dan TNI adalah kunci untuk memastikan bahwa Indonesia memiliki postur pertahanan yang tangguh, kuat dan unggul.

Pemberian Tali Asih

Di akhir upacara, Kabalitbang Kemhan melepas dan memberikan piagam penghargaan serta tali asih kepada 48 orang pegawai Kemhan yang telah mengakhiri masa baktinya.

Baca Juga  Pupuk Indonesia Sediakan Petro Ningrat untuk Petani Tembakau

Sementara di lapangan Monas Jakarta Pusat, peringatan HUT ke-78 TNI dimeriahkan dengan aksi terjun payung. Aksi ini dilakukan oleh delapan penerjun Prajurit Yontaifib 1 Mar yang dipimpin oleh Kapten Marinir Fajarian Adinur.

Penampilan terjun payung ini berhasil memukau dan menyedot perhatian ribuan warga Jakarta yang menyaksikannya. Aksi terjun payung ini dilaksanakan dari ketinggian 9.000 kaki menggunakan pesawat TNI AU Hercules A-1320.

Dengan Captain Pilot Kapten Pnb Riki dan Co Pilot Lettu Pnb Adam dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma.

Adapun salah satu peterjun Prajurit Yontaifib 1 Mar mendarat di lapangan Monas membawa bendera Mabes TNI yaitu Serda Marinir Denis Nugraha.

Danyon Taifib 1 Mar Walikota Marinir Laili Nugroho, M.Tr.Opsla., menyampaikan rasa bangganya kepada prajurit Yontaifib 1 Mar.

Para penerjun payung ini dapat menjalankan tugas dengan baik dan lancar pada saat membekukan payung payung dalam rangka HUT Ke-78 TNI kali ini.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life