Home » Menteri Keuangan Sedunia Komitmen Atasi Permasalahan Iklim

Menteri Keuangan Sedunia Komitmen Atasi Permasalahan Iklim

by Junita Ariani
1 minutes read
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Sigrid Kaag (Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Belanda) memimpin jalannya pertemuan ke-10 Coalition of Finance Ministers for Climate Action.

Para menteri keuangan sedunia berkomitmen untuk menangani permasalahan iklim secara serius. Karena permasalahan iklim merupakan permasalahan bersama seluruh dunia.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan Coalition of Finance Ministers for Climate Action yang diselenggarakan di Marrakech – Maroko, Rabu (11/10/2023).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Sigrid Kaag (Wakil Perdana Menteri dan Menkeu Belanda) memimpin pertemuan ke-10 Coalition of Finance Ministers for Climate Action.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, pertemuan ini semakin relevan melihat beragam fenomena krisis iklim yang terjadi sepanjang 2023 ini.

Sri Mulyani mengatakan, terdapat beberapa topik utama yang dibahas dalam pertemuan itu. Pertama, keberlanjutan lingkungan dan ekonomi.

Negara-negara harus terus berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan dan ekonominya.

“Keuangan transisi disepakati menjadi salah satu cara menyeimbangkan keduanya,” terang Menkeu melalui keterangan resminya, Kamis (12/10/2023).

Kedua, lanjut Menkeu, peran penting Pemerintah dalam upaya penanggulangan permasalahan iklim. Pemerintah harus menjadi penggerak utama dari beragam upaya keberlanjutan.

Baik melalui reformasi kebijakan perpajakan, pembentukan komite-komite terkait, serta penerbitan obligasi hijau.

Ketiga, inovasi dan pengukuran. Negara-negara harus mengadopsi pendekatan yang inovatif serta memiliki metode pengukuran yang terukur untuk memastikan tujuan-tujuan berkelanjutan ini tercapai.

Baca Juga  Jokowi Bahas Peningkatan Kerja Sama Strategis dengan Ketua Oposisi Australia

Finance Day COP28

Pada pertemuan tersebut, Sri Mulyani menuturkan bahwa para delegasi juga membahas peran kolaborasi. Kolaborasi sangat penting baik dalam lingkup domestik maupun global.

Karena institusi global memiliki peran penting dalam mengoordinasikan serta mengharmonisasikan upaya-upaya penanggulangan permasalahan iklim.

“Saya sangat kagum dengan pertemuan ini. Pembicaraan yang terjadi menjadi bukti betapa besarnya potensi yang kita miliki bila kita terus berkolaborasi dan berinovasi dalam menghadapi perubahan iklim,” ujarya.

Menkeu mengatakan, seluruh pembahasan dalam pertemuan ini akan dibahas lebih lanjut pada Finance Day COP28 yang akan diselenggarakan di Dubai, Desember 2023.

COP28 ini sendiri akan menjadi tonggak penting dalam sejarah yang berperan sebagai landasan upaya-upaya aksi iklim kolektif dunia.

“Kami sepakat untuk terus mengedepankan kebijakan-kebijakan ketahanan iklim, investasi berkelanjutan, serta kebijakan fiskal yang akan terus melindungi bumi kita. Kini dan nanti..!,” tegas Menkeu. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life