Home » Olahan Fillet Ikan Tilapia RSI Racikan Chef Yadi Curi Perhatian Pengunjung

Olahan Fillet Ikan Tilapia RSI Racikan Chef Yadi Curi Perhatian Pengunjung

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - MEDAN

Regal Springs Indonesia (RSI) menggelar cooking class ikut meramaikan acara Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara di Istana Maimun, Rabu (24/5/2023).

Chef Yadi yang diundang RSI mendemokan aneka menu berbahan utama fillet ikan tilapia yang produksi PT RSI. Didampingi Senior Marketing Manager RSI, Ratna Yudithtya, Chef Yadi menjelaskan secara detail olahan fillet tilapia yang diarsik.

Sejumlah pengunjung terlihat serius dan antusias mengikuti setiap tahapan dan penjelasan yang disampaikan Chef Yadi.

Ia pun memaparkan olahan bumbu arsik khas Sumut yang khas dengan andaliman, kecombrang, dan bahan lainnya itu. Aroma khusus yang sangat menggoda selera ternyata mampu mengundang banyak pengunjung untuk mampir di booth tersebut.

Para pengunjung pun langsung bisa menikmati olahan Arsik Ikan Tilapia yang dibagikan secara gratis. Daging ikan tilapia berkualitas diolah oleh chef profesional dan berpengalaman ini menjadi sajian yang istimewa.

Bahkan, seorang pengunjung menyebut, baru sekali ini menikmati hidangan olahan ikan yang sungguh enak dengan cita rasa khas bumbu arsik.

“Sebenarnya saya kurang suka dengan ikan nila karena amis dan bau tanah. Tapi ini benar-benar enak, tak ada bau sama sekali,” ujar ibu pengunjung yang juga PNS di Pemprov Sumut ini.

Hal senada disampaikan pengunjung lainnya, yang juga ASN di Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Ia mengatakan, olahan Arsik Ikan Tilapia yang disajikan Chef Yadi, bercitarasa gurih, lemak, dan lezat. Tidak hanya itu, ikannya juga kenyal namun lembut serta enak. Hal ini turut diamini rekan-rekannya satu rombongan.

Baca Juga  Udang Kipas Balado: Kelezatan Pedas dari Lautan Rasa

Fillet Goreng Bawang Putih

Dalam kesempatan tersebut Chef Yadi juga mempertunjukkan cara membuat ikan goreng tepung bumbu bawang putih.
Untuk olahan ini, bumbu yang digunakan yakni bawang putih yang telah dicincang, lada putih bubuk, kecap asin.

Kemudian, terpung terigu protein tinggi, serta perasan jeruk nipis, dan air es.

Langkah pertama, fillet ikan tilapia dipotong sesuai selera. Selanjutnya dimarinasi dengan campuran lada putih, kecap asin, dan bawang putih cincang. Lalu dibaluri dengan perasan jeruk nipis kurang lebih 4-5 menit.

Tahapan selanjutnya, marinasi ikan diguling-gulingkan ke dalam tepung kering, dicelup ke dalam air es dan digulingkan kembali ke tepung kering. Ikan siap digoreng ke minyak yang telah dipanaskan.

Penggunaan air es menurut Chef Yadi, untuk memunculkan tepung keriting di permukaan ikan sehingga saat digoreng akan menghasilkan ikan dengan  baluran tepung krispi yang lezat.

Setelah masakan selesai, Chef Yadi kembali membagikannya kepada pengunjung. Menu ini kembali disambut antusias pengunjung.

Dikatakan Chef Yadi, metode ini, juga bisa diterapkan untuk udang, ayam, atau lainnya.

Senior Marketing Manager RSI, Ratna Yudithtya mengatakan, acara cooking class ini akan digelar selama acara ini berlangsung yaitu pada 24-26 Mei 2023 di booth RSI. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life