Home » Parlemen: Pembangunan Gedung DPR di IKN Terakhir Saja

Parlemen: Pembangunan Gedung DPR di IKN Terakhir Saja

by Lala Lala
1 minutes read
Desain IKN. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Anggota DPR RI mengusulkan agar pembangunan gedung parlemen di Ibu Kota Negara (IKN) dibangun pada tahap akhir. Tujuannya agar pemerintah dapat fokus menyelesaikan pembangunan IKN secara optimal.

“Kalau perlu yang paling pojok dan paling kecil pun tidak masalah, tetapi terakhir sekali saja itu,” kata Anggota Komisi II DPR RI Wahyu Sanjaya saat rapat kerja Komisi II DPR RI bersama Otorita IKN di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/03/2024) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pemerintah memiliki prioritas yang sangat besar dalam pembangunan IKN.

“Secara pribadi kami ingin DPR menjadi lembaga yang mengalah atas prioritas pembangunan IKN,” jelas dia.

Parlemen, kata dia, perlu memberikan prioritas pembangunan IKN kepada pemerintah sehingga pembangunan gedung DPR di IKN dilakukan setelah seluruh gedung pemerintahan selesai dibangun.

Penyiapan Sistem Pemeliharaan

Lebih jauh, kata Wahyu, parlemen juga mengingatkan Otorita IKN agar tidak lupa menyiapkan sistem pemeliharaan kota IKN. Sebab Otorita IKN hanya pihak koordinator yang menerima hasil pembangunan gedung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga  Pemindahan ASN ke IKN Diminta Benar-benar Diseleksi

“Jadi, mereka ini nggak tahu kondisi barangnya nanti, jadi diserahkan barang setelah itu baru dipelihara, jadi tolong diperhatikan nanti,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta Otorita IKN untuk memperhatikan rencana detail tata ruang (RDTR) dalam pembangunan IKN.

“Jangan sampai IKN justru menjadi seperti kota besar lainnya yang mengalami kemacetan lalu lintas. Saya mengingatkan bahwasanya ini kota baru, jangan sampai tata ruangnya menjadi semrawut sehingga kita tidak bisa mengatur alur transportasi publik,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli mengatakan berdasarkan pemantauannya terakhir, area yang akan dibangun Gedung DPR di IKN itu pun belum digarap.

Artinya, pembangunan Gedung DPR di IKN bakal dilakukan pada tahap selanjutnya.

“Kalau tahap pertama ini kan sampai 2024, mungkin tahap kedua,” kata Doli usai memimpin rapat.

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life