Home » Pemda Jogja Siapkan Rp11 M Untuk Perbaiki Jalan Godean

Pemda Jogja Siapkan Rp11 M Untuk Perbaiki Jalan Godean

by Addinda Zen
2 minutes read
jalan godean rusak

ESENSI.TV - JAKARTA

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY merencanakan perbaikan Jalan Godean di Kabupaten Sleman pada tahun ini. Dinas tengah melelang proyek dengan pagu anggaran mencapai Rp11 miliar.

“Sedangkan untuk pekerjaan peningkatan jalan saat ini sedang proses lelang. (Pagu anggaran) Sekitar Rp11 miliar,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUP-ESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri, dikutip dari Detikcom (18/3).

Kwaryantini mengatakan saat ini pekerjaan peningkatan jalan di ruas Jalan Godean akan dilakukan bertahap. Untuk tahap awal, direncanakan ada 1,5 kilometer ruas jalan yang dilakukan peningkatan. Adapun untuk sisanya akan dilakukan pemeliharaan.

“Tahun ini ada rencana penanganan sepanjang 1,5 kilometer di sebelah barat Pasar Godean. Diawali dari jembatan Sambirejo 2 sampai sekitar pom bensin Sidorejo,” ungkap dia.

Keterbatasan Anggaran

Kwaryantini menjelaskan, selama ini dinas telah mengusulkan anggaran untuk perbaikan di Jalan Godean. Hanya saja ada keterbatasan anggaran.

“Setiap tahunnya selalu kami usulkan. Namun, karena keterbatasan anggaran yang ada di Pemda DIY, sehingga belum bisa semua tertangani sepanjang ruas dan dilaksanakan secara bertahap. Ada beberapa ruas jalan yang diusulkan Pemda DIY ke pusat melalui Inpres jalan daerah, salah satunya adalah Jalan Godean ini,” jelas dia.

Mengingat ruas jalan provinsi di Jogja cukup panjang, total sekitar 674 kilometer, maka peningkatan ruas jalan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga  Pengakuan Pekerja Aqua: Banyak Fasilitas yang Kami dapat

“Mengingat panjangnya jalan provinsi yaitu 674,585 kilometer yang tersebar di 4 wilayah kabupaten yang ada di DIY, sehingga perlu mekanisme dalam penganggaran dan penangannya,” pungkas Kwaryantini.

Protes Warga

Diberitakan sebelumnya, warga Kapanewon Moyudan dan sekitarnya memasang banner di jalan. Ini sebagai bentuk protes atas kerusakan Jalan Godean yang tak kunjung diperbaiki. Banner bernada protes itu mulai dari barat Pasar Godean, yakni di Padukuhan Klepu hingga ke wilayah Moyudan.

Beberapa di antaranya bertuliskan ‘Sayangi Nyawa Anda, Jangan Ngebut. Anda Memasuki Wilayah Jalan Rusak’, ‘Tuku Rujak Tekan Pati Dalane Rusak Sing Ngati-ati’, ‘Pelan-pelan Sudah Banyak Korban, ‘Jatuh di Aspal Tak Seindah Jatuh Cinta’, ‘Pajake Lancar Dalane Ambyar’, dan lain sebagainya.

Ketua Jaga Warga Peduli Pingitan Moyudan, Senaja, mengatakan aksi ini sebagai bentuk keprihatinan. Sebab, kondisi Jalan Godean sudah lama tidak dibenahi dan banyaknya lubang kerap menjadi penyebab kecelakaan.

“Jadi ini diwakili kelompok jaga warga. Sebuah kelompok di masing-masing pedukuhan terutama di wilayah Minggir dan Moyudan karena prihatin. Terutama warga yang berada di pinggir jalan ini sering sekali harus memberikan pertolongan kepada para pengguna jalan yang mengalami kecelakaan,” jelas Senaja.

 

 

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life