Home » Pendaftaran Seleksi Calon Pejabat Eselon II Kemenag Masih Dibuka, Ini Syaratnya

Pendaftaran Seleksi Calon Pejabat Eselon II Kemenag Masih Dibuka, Ini Syaratnya

by Ale Luna
2 minutes read
Pendaftaran Seleksi Calon Pejabat Eselon II Kemenag Masih Dibuka, Ini Syaratnya-Sekjen Kemenag Nizar/Kemenag

ESENSI.TV - JAKARTA

Pendaftaran seleksi terbuka calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau setingkat Eselon II Kementerian Agama masih dibuka. Simak cara daftar dan syaratnya.

Sekjen Kemenag Nizar mengatakan bahwa ada 11 formasi yang dibuka untuk proses seleksi terbuka. Pendaftaran seleksi ini dibuka secara online sejak 7 Maret hingga 21 Maret 2023.

Dijelaskan Nizar, pelamar yang berminat dapat mendaftar melalui laman pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Kementerian Agama pada alamat https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/.

“Pelamar yang dinyatakan selesai proses pendaftarannya adalah mereka yang telah mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran online,” kata Nizar dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (10/3).

“Jadi saat mendaftar, peserta harus memastikan dia mendapat bukti pendaftaran online nya,” sambungnya.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Nurudin menambahkan ada dua tahap seleksi yang akan dilakukan, yaitu administrasi dan kompetensi.

Seleksi administrasi berupa seleksi dokumen persyaratan yang telah diunggah pelamar dan menggunakan sistem gugur. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 27 Maret 2023.

“Pelamar yang dinyatakan berhak mengikuti seleksi kompetensi adalah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi,” katanya.

Untuk seleksi kompetensi, kata Nurudin, meliputi penulisan makalah, assesmen kompetensi, wawancara akhir, dan rekam jejak. Penulisan makalah akan digelar pada 29 Maret 2023. Tahap Assesmen Kompetensi dilaksanakan pada 30 Maret sampai 1 April 2023. Adapun wawancara akhir, pelaksanaannya pada 8 – 9 April 2023.

Baca Juga  BPJPH Kemenag Beberkan Syarat Produk Impor Halal Masuk Indonesia

Pelamar yang telah mengikuti seluruh tahapan seleksi kompetensi, ujar Nurudin, harus menyampaikan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum, surat keterangan sehat rohani dari dokter jiwa/psikiater, serta surat keterangan bebas narkoba dengan hasil laboratorium. Penyampaian hasil tes Kesehatan dijadwalkan pada 11 April 2023.

“Hasil akhir seleksi diumumkan pada 14 April 2023, berupa daftar 3 (tiga) nama pelamar berdasarkan peringkat nilai terbaik per jabatan yang disusun berdasarkan urutan abjad,” ujar dia.

Pengumuman bisa diakses juga melalui tautan berikut: https://kemenag.go.id/archive/pengumuman-seleksi-terbuka-calon-pejabat-pimpinan-tinggi-pratama-kementerian-agama-2023

Berikut 11 formasi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kemenag 2023:

1. Sekretaris Inspektorat Jenderal
2. Inspektur Investigasi Inspektorat Jenderal
3. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
4. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua
5. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara

6. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara
7. Kepala Biro AUPK UIN Sunan Ampel Surabaya
8. Kepala Biro AUPK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
9. Kepala Biro AUAK IAIN Kerinci
10. Kepala Biro AUAK IAIN Sultan Amai Gorontalo
11. Kepala Biro AUAK IAKN Palangka Raya*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life