Home » Pentingnya Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur

Pentingnya Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur

by Addinda Zen
1 minutes read
Ilustrasi Makanan Sahur

Berpuasa saat bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk melakukan aktivitas sunnah sebelum dilaksanakannya puasa, yaitu sahur. Ini dianjurkan untuk seluruh umat muslim agar dapat meningkatkan energi selama berpuasa. Masuknya zat makanan ke dalam tubuh akan menambah stamina dan kuatnya tubuh saat berpuasa. Nutrisi makanan tersebut menjadi pondasi bagi umat muslim saat berpuasa selama kurang lebih 12 jam.

Hendaknya kita mengonsumsi menu makanan yang bergizi dan seimbang saat sahur. Agar tubuh tetap sehat, perlu mengonsumsi makanan dengan karbohidrat, protein, serat, juga mineral saat sahur.

Mengonsumsi karbohidrat saat sahur, khususnya karbohidrat kompleks akan meningkatkan kinerja tubuh. Zat karbohidrat dapat memberikan efek kenyang pada manusia. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks lebih lama proses pencernaannya dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yaitu, nasi, ubi-ubian, jagung, maupun gandum. Makanan inilah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur.

Protein Untuk Tubuh Saat Berpuasa

Selain karbohidrat, zat lain yang dibutuhkan tubuh untuk dikonsumsi saat sahur adalah protein. Umumnya, protein diperoleh dari telur, kacang-kacangan, maupun daging-daging hewani. Mengonsumsi protein saat sahur juga akan membantu proses pencernaan makanan dan memberikan energi selama menjalankan ibadah puasa.

Protein yang baik dikonsumsi saat sahur dari jenis daging-dagingan adalah daging ikan atau daging ayam. Tempe juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur karena mengandung zat prebiotik yang bermanfaat dalam proses pencernaan makanan dan menurunkan kadar kolestrol saat berpuasa. Protein juga sangat penting bagi tubuh karena dapat memperbaiki jaringan tubuh dan juga pertumbuhan. Sehingga, kondisi tubuh saat berpuasa terus terjaga.

Baca Juga  Yuk Simak, Ini Dia 4 Musuh Utama Penderita Diabetes

Serat juga menjadi zat makanan yang penting dikonsumsi saat sahur. Adanya serat dalam tubuh akan memberikan rasa kenyang untuk jangka lama. Hal ini dikarenakan serat mengandung hormon yang dapat memberikan sinyal kenyang pada manusia. Serat dapat kita peroleh dari mengonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Saat sahur, sangat penting untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung kadar air tinggi.

Minum air putih juga dianjurkan agar ketersediaan mineral dalam tubuh tetap terjaga selama berpuasa. Air akan meningkatkan energi pada otot dan membantu proses penyerapan makanan. Sehingga, minum air putih saat sahur akan meningkatkan kerja tubuh meskipun berpuasa. Ada baiknya mengonsumsi 2 gelas air putih setiap sahur.

Saat sahur, ada pula makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi. Misalnya, makanan instan, gorengan, ataupun makanan yang terlalu pedas dan berlemak. Hal ini dikarenakan minyak dan lemak dapat menyebabkan radang tenggorokan, sehingga aktivitas puasa menjadi terganggu. Makanan instan juga hanya memberikan efek kenyang yang tidak konstan. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang baik saat sahur, ya!

 

Editor: Addinda Zen

addindazen@esensi.tv

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life