Home » Pertama Sepanjang Sejarah, Presiden AS Joe Biden Orasi di Tengah Aksi Unjuk Rasa Serikat Pekerja Otomotif

Pertama Sepanjang Sejarah, Presiden AS Joe Biden Orasi di Tengah Aksi Unjuk Rasa Serikat Pekerja Otomotif

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Presiden Joe Biden menyampaikan orasinya di tengah aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh serikat pekerja otomotif di tiga perusahaan manufaktur terbesar di Detroit, Michigan AS. Foto: White House

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Presiden Amerika Serikat Joe Biden masuk ke dalam aksi unjuk rasa pekerja di negara itu dan memberikan orasi untuk menyemangati para demonstran.

Dia datang ke titik unjuk rasa anggota serikat pekerja otomotif (United Auto Workers) yang sedang melakukan aksi mogok kerja di Wayne County, Detroit, Michigan AS, Selasa (26/9/2023).

Para pekerja otomotif melawan Detroit”s Big Three adalah General Motors, Ford and Stellantis, yaitu perusahaan yang menguasai pasar Amerika Serikat sejak awal tahun 1960an.

Ford, General Motors dan Stellantis, tiga pabrikan yang terkena dampak pemogokan karyawan United Auto Workers (UAW), gagal mencapai kesepakatan kontrak dengan UAW pada batas waktu semula yaitu 15 September.

Kunjungan Joe Biden dilakukan di tengah negosiasi yang sedang berlangsung antara pekerja otomotif yang mogok di tiga pabrik manufaktur terbesar di Detroit atau disebut Detroit’s Big Three manufacturers.

Berbicara kepada para pemilih dari UAW Local 174 di Willow Run Redistribusi Center di metro Detroit, Biden mengatakan bahwa serikat pekerja tela menyelamatkan industri otomotif di saat resesi dan membantu membentuk kelas menengah Amerika.

Baca Juga  Sinopsis Film Big Game: Penyelamatan Presiden AS dengan Senjata Busur Panah?

“Wall Street tidak membangun negara, kelas menengah membangun negara ini. Dan serikat pekerja membangun kelas menengah,” jelasnya, seperti dilansir dari Michigan Advance.

Pekerja Tuntut Kontrak Baru dan Kenaikan Gaji

Di antara tuntutan lainnya, anggota UAW berharap untuk mencapai kesepakatan tersebut. mendapatkan kontrak baru dengan kenaikan gaji dua digit dan penghapusan tingkatan pekerja.

Para pekerja di Pabrik Perakitan Ford Michigan di Wayne, Kompleks Perakitan Stellantis Toledo di Ohio, dan Perakitan Wentzville General Motors di Missouri merupakan fasilitas pertama yang diserukan untuk mogok.

Sejak itu telah diikuti oleh 38 pabrik suku cadang mobil Stellantis dan GM lainnya yang ikut serta dalam aksi mogok tersebut. dipanggil untuk mogok setelah kesepakatan tidak tercapai pada hari Jumat.

Kunjungan Biden, yang dianggap sebagai pertama kalinya dalam sejarah modern di mana seorang presiden yang sedang menjabat mengunjungi tempat pemogokan aktif, terjadi setelah ia meminta serikat pekerja dan produsen untuk “menjalin kesepakatan yang adil” sebelum tenggat waktu pertama.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaterkini
#beritaviral

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life