Home » Pizza Napoletana: Kelezatan Tradisional dari Naples

Pizza Napoletana: Kelezatan Tradisional dari Naples

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.saporinostri.it/wp-content/uploads/2020/10/le-origini-della-pizza-napoletana-e1601990439881.jpg

Pizza Napoletana, atau dikenal juga sebagai pizza Napolitana, adalah salah satu ikon kuliner yang berasal dari kota Naples, Italia. Dikenal dengan cita rasa autentik dan tradisional, pizza Napoletana adalah hidangan yang sangat dihormati di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 fakta menarik tentang pizza Napoletana:

Asal Usul

Pizza Napoletana adalah salah satu varian pizza yang pertama kali diciptakan di kota Naples, Italia, pada abad ke-18. Pizza ini merupakan warisan kuliner yang telah terjaga selama berabad-abad dan diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda sejak 2017.

Bahan Utama

Pizza Napoletana memiliki bahan utama yang sederhana namun otentik. Adonan pizza terbuat dari tepung gandum, air, ragi, dan garam. Toppingnya terdiri dari saus tomat, mozzarella, minyak zaitun, dan basil segar.

Tekstur yang Unik

Adonan pizza Napoletana diolah dengan cara khusus untuk menciptakan tekstur yang ringan, elastis, dan renyah di bagian luar, serta lembut dan mengembang di bagian tengah.

Ukuran Standar

Pizza Napoletana memiliki ukuran standar yang diatur dengan ketat. Diameter pizza biasanya sekitar 30 cm dengan pinggiran tebal sekitar 1-2 cm.

Metode Pembakaran

Pizza Napoletana dipanggang dalam oven kayu yang dipanaskan hingga suhu tinggi, biasanya sekitar 485 derajat Celsius (905 derajat Fahrenheit). Proses ini membuat pizza matang dengan cepat, menghasilkan lapisan luar yang garing dan lapisan tengah yang empuk.

Nama Topping Khas

Salah satu varian pizza Napoletana yang terkenal adalah “Margherita,” yang dinamai dari Ratu Italia, Margherita di Savoia, dan menggunakan tomat, mozzarella, dan basil untuk menciptakan warna bendera Italia: merah, putih, dan hijau.

Baca Juga  Fakta Menarik Snack Kukus Hijau Ini

Pengakuan Internasional

Pizza Napoletana telah mendapat pengakuan internasional dan mendapatkan status denominasi asal terlindungi (DOP) dari Uni Eropa, memastikan bahwa hanya pizza yang memenuhi standar tertentu yang dapat disebut sebagai “Pizza Napoletana.”

Kebiasaan Makan

Di Italia, pizza Napoletana sering disajikan sebagai hidangan makan malam utama. Namun, di luar Italia, pizza ini juga populer sebagai hidangan siang dan makanan cepat saji.

Festival Pizza Napoletana

Naples, sebagai kota kelahiran pizza Napoletana, sering menggelar festival khusus untuk merayakan hidangan ini. Festival ini menawarkan pengunjung kesempatan untuk mencicipi berbagai varian dan menikmati suasana kota yang kental dengan kecintaan terhadap pizza.

Wisata Kuliner

Naples adalah tujuan wisata kuliner yang populer, terutama bagi pecinta pizza. Banyak wisatawan dari seluruh dunia datang ke kota ini untuk mencicipi pizza Napoletana yang otentik dan menikmati suasana kuliner yang hidup.

Pizza Napoletana adalah kelezatan klasik yang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga menghadirkan warisan kultural Italia yang mendalam. Rasakan kenikmatan pizza Napoletana dan nikmati rasa autentik Italia yang sesungguhnya. Dengan setiap gigitan, Anda akan merasakan cinta dan dedikasi yang telah melahirkan pizza ini, sebuah kekayaan kuliner yang akan selalu dikenang.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life