Home » PPLN Seoul Rekapitulasi Ulang Perolehan Suara

PPLN Seoul Rekapitulasi Ulang Perolehan Suara

by Addinda Zen
2 minutes read
Rekapitulasi Pemilu 2024

ESENSI.TV - JAKARTA

Hasil suara PDIP dan Partai Golkar tertukar pada rekapitulasi penghitungan suara di wilayah kerja PPLN Seoul, Korea Selatan. PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Seoul kemudian melakukan rekapitulasi ulang perolehan suara PDIP dan Partai Golkar. Oleh karena itu, rekapitulasi menyeluruh perolehan suara di Seoul belum bisa disahkan.

Kejanggalan ini diketahui awalnya oleh Saksi PDIP, Harli Muin yang melihat ada perbedaan perolehan suara PDIP di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dengan Formulir C hasil pleno di TPS 016 Seoul.

Harli Muin kemudian mempertanyakan kejanggalan ini dalam rapat pleno rekapiltulasi tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

“Pertanyaan saya kenapa salah-salah begini, Mbak? Apakah ini Sirekap atau sengaja salah? Ini tidak sesuai ditulis kenapa, apa karena Sirekap atau Anda sengaja salah menuliskan? Atau memang diubah?” ujarnya, dikutip dari ANTARA, Jumat (1/3).

Perolehan suara PDIP dengan nomor urut 3 kemudian kembali diperiksa. Formulir C hasil pleno di TPS 016 pun turut ditampilkan saat rapat.

Baca Juga  Megawati Kukuhkan Ganjar Pranowo Jadi Capres PDI Perjuangan

Kendala Input KPPS LN

Atas hal ini, Ketua PPLN Seoul, Rinda, mengakui ada kesalahan setelah memeriksa formulir. Rinda menyebut, suara PDIP tertukar dengan Partai Golkar.

“Setelah kami cek, ada kesalahan input di (formulir) C.Hasil. Setelah kami cek untuk seluruh suara partai politik dan suara calon PDIP itu tertukar dengan Partai Golkar. Jadi di sebelahnya, seperti itu. Salah penempatan,” jelasnya.

Rinda menambahkan. kesalahan input hanya terjadi di TPS 016. Menurut Rinda, proses input ini dilakukan pertama kali saat penghitungan suara pada 14 Februari. Seluruh KPPS LN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) menginput dan melakukan pencatatan C hasil.

Namun, tanggal 17-18 terdapat kendala entry pada tim dan meminta perbaikan.

“Jadi tanggal 17-18 itu ada kendala untuk entry di beberapa tim kami, tapi kami sudah meminta pada perbaikan tanggal 17-18 itu semuanya harus dikirim ke kami secara manual juga,” jelasnya.

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life