Home » Samarinda Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional Tahun Ini

Samarinda Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional Tahun Ini

by Raja H. Napitupulu
1 minutes read
Direktur Penais Ahmaz Zayadi (tengah) pimpin Rakor Persiapan MTQ Nasional di Jakarta, pekan ini. Foto: Kemenag

ESENSI.TV - JAKARTA

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional akan digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada September 2024. Lokasi dan waktu penyelenggaraan disepakati dan ditetapkan dalam Rapat Koordinasi Persiapan MTQ Nasional ke-30 di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Hadir, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Dasmiah. Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadits Kementerian Agama, Rijal Ahmad Rangkuty. Tampak hadir pula perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri. Biro Kesejahteraan Rakyat Kaltim, serta para pejabat lainnya.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi mengatakan, MTQ Nasional tahun ini mengambil tema ‘Mewujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur’an untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nusantara’.

“Kementerian Agama sebagai penanggung jawab akademik dari proses-proses ini, tentu punya komitmen untuk meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan MTQ,” ungkap Zayadi.

Baca Juga  Polri Gelar Operasi Penanganan Bencana Aman Nusa II

Menurut Zayadi, Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan MTQ tingkat Nasional.

Transformasi digital terus dilakukan, sejak dari pendaftaran melalui e-MTQ, penerapan e-Maqra, serta proses penilaian dengan menggunakan e-Scoring.

“MTQ Nasional ke-30 ini semangatnya adalah proses-proses yang berbasis digital, mulai dari pendaftaran melalui e-MTQ, pilihan maqra melalui e-Maqra, serta skoring peserta melalui aplikasi e-Scoring”.

“Dengan demikian, akuntabilitas dan kualitas MTQ Nasional akan semakin baik,” ungkapnya, dalam keterangan Kementerian Agama, Kamis (25/4/2024).

“Kemenag akan proaktif berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga untuk memastikan kesiapan Samarinda sebagai penyelenggaraan event dua tahunan ini,” tutupnya.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life