Home » Sebanyak 10 Toilet Tambahan Disiapkan di Tiap Maktab Arafah

Sebanyak 10 Toilet Tambahan Disiapkan di Tiap Maktab Arafah

by Ale Luna
1 minutes read
Sebanyak 10 Toilet Tambahan Disiapkan di Tiap Maktab Arafah/Kemenag

ESENSI.TV - ARAFAH

Sebanyak 10 toilet tambahan disiapkan di tiap maktab di Arafah. Hal ini diungkapkan Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid yang meninjau persiapan tenda jemaah haji Indonesia di Arafah.

Pemantauan dilakukan berkala untuk memastikan progres penyiapan layanan bagi jemaah haji Indonesia. Ada sejumlah layanan yang disiapkan bagi jemaah, antara lain tenda dengan kasur, pendingin ruangan, dan lampu penerangan, dapur, hingga toilet.

“Ada perkembangan signifikan. Penyiapan dapur sudah, konsumsi terus dikebut. Kamar mandi di setiap maktab juga akan ditambah 10 pintu,” kata Subhan Cholid dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (31/5).

“Saya juga meninjau bahan material konstruksi, dan semua sudah ada untuk dipasang,” lanjutnya.

Jemaah haji Indonesia terbagi dalam 70 maktab di Arafah. Setiap Maktab berjumlah kisaran 3.000 jemaah. Sebelumnya, setiap maktab disiapkan 40 toilet dan sekitar 10 kran untuk berwudu. Tahun ini, maktab akan siapkan lagi 10 toilet baru.

“Gus Men (Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas) sangat konsen dalam peningkatan layanan, termasuk toilet di Arafah. Tahun ini ada 10 toilet baru per maktab, delapan toilet duduk dan dua jongkok,” kata Subhan.

Baca Juga  Jokowi Tiba di Tanah Air Setelah Lakukan Lawatan ke Jepang

“Toilet duduk penting karena diharapkan lebih memudahkan jemaah lansia,” lanjutnya.

Subhan juga meninjau kesiapan tenda berikut layanannya dimana hampir 90% tenda sudah terpasang. Tahapan saat ini adalah pemadatan lapisan pasir halus yang akan menjadi lantai tenda, sebelum dipasang karpet.

Subhan melihat, beberapa tenda sudah selesai, lengkap dengan karpet, pendingin udara, dan lampu penerangan. “Dalam tenda juga disiapkan busa dan bantal yang terbungkus kain putih yang disiapkan sebagai tempat tidur jemaah. Ada juga selimut,” kata Subhan.

“Kapasitas tenda beragam sesuai luasnya. Namun, ruang yang disiapkan di Arafah untuk setiap jemaah, rata-rata 1,6 meter persegi,” lanjutnya.

Subhan berharap seluruh layanan di Arafah ini sudah siap pada 6 Zulhijjah 1444 H atau tiga hari sebelum wukuf.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life