Home » Sebanyak 100 Pemuda Mendapat Pendidikan Anti Korupsi

Sebanyak 100 Pemuda Mendapat Pendidikan Anti Korupsi

by Junita Ariani
1 minutes read
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan pendidikan anti korupsi terhadap 100 pemuda.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan pendidikan anti korupsi terhadap 100 pemuda. Para pemuda tersebut merupakan peserta Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan IV 2023.

Pembekalan yang diadakan, Selasa (3/10/2023 ) pagi ini langsung dilakukan oleh pimpinan KPK, Johanis Tanak di Gedung KPK C1 Jalan Rasuna Sahid, Kuningan, Jakarta.

Johanis Tanak mengungkapkan, para pemuda akan menjadi penentu arah dan masa depan bangsa Indonesia. Sehingga perlu ditanamkan jiwa anti korupsi kepada generasi muda.

“Pemuda harus berpikir cerdas, cermat sehingga bisa berkreasi dan berinovasi untuk kemajuan bangsa ini tanpa korupsi,” kata Johanis mengawali sambutanya.

Adapun tema dari pendidikan ini adalah “Membangun Jiwa Kepemimpinan Muda yang Berintegritas dan Anti Korupsi Menuju Indonesia Maju dan Sejahtera”.

Melalui tema ini, Johanis mengajak seluruh peserta untuk benar-benar memahami pentingnya makna anti korupsi dan integritas.

Ia menegaskan bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang berdampak buruk terhadap masayarakat.

“Korupsi adalah kejahatan yang sangat luar biasa. Karena bisa membunuh banyak orang dan merugikan rakyat,” ujarnya.

Sebagai contoh, kata dia, korupsi pada anggaran rumah sakit. Hal ini akan memunculkan bahaya bagi masyarakat.

Baca Juga  Pemprov dan Kemenag Maluku Bahas Rencana Ambon Jadi Embarkasi Haji Antara

“Banyak masyarakat yang akan sakit dan hidupnya sengsara,” ujarnya.

Sementara menjaga integritas juga menjadi bagian utama yang harus dilakukan anak muda sekarang.

“Berbicara Integritas maka banyak pandangan dari para ahli, seperti perbuatan yang harus dan tidak boleh dilakukan. Tapi inti dari integritas adalah agama yang harus kita imani,” tuturnya.

Cetak Pemimpin Anti Korupsi

Menurut Johanis, tidak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kejahatan, semua mengajarkan kebaikan. Dan korupsi itu adalah tindakan kejahatan.

Karena itu, Johanis berharap peserta PKPMN benar-benar bisa menerapkan tindakan anti korupsi dimanapun.

“Peran adik-adik semua sangat menentukan arah negara ke depan bangsa ini. Saya harap adik-adik semua jangan melakukan korupsi, karena itu adalah uang rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Subroto mengatakan PKPMN ini memiliki tujuan untuk mencetak pemimpin muda yang anti korupsi.

“Terima kasih sebelumnya kepada KPK yang sudah memberikan pembekalan dan pembelajaran kepada peserta PKPMN Angkatan IV 2023. Pembekalan ini sangat penting untuk anak muda yang kelak menjadi pemimpin bangsa ini,” kata Subroto.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life