Home » Segera Daftarkan Karyamu, KPK Kembali Gelar Anti-Corruption Film Festival

Segera Daftarkan Karyamu, KPK Kembali Gelar Anti-Corruption Film Festival

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read

ESENSI.TV - JAKARTA

KPK kembali menggelar program Movie Day sebagai salah satu rangkaian Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2023.

Movie Day pertama tahun ini digelar di Kota Pontianak, dengan melibatkan kalangan pelajar, mahasiswa, media, komunitas film dan masyarakat umum sebagai peserta.

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK Amir Arief membuka kegiatan ini dengan menyampaikan apresiasinya atas antusiasme sineas di Pontianak yang semakin tumbuh dan aktif berkarya.

“Sineas Pontianak makin punya kualitas yang baik dalam produksi film,” jelas Amir, seperti dilansir dalam laman resmi KPK, Senin (29/5/2023).

Dia mengatakan tahun lalu, juara 1 di kompetisi ide cerita ACFFest dengan judul ‘Titip Sandal’, berhasil menjadi finalis di kompetisi film pendek.

KPK telah menggelar acara  pembukaan Movie Day ACFFest 2023 di Transmart XXI Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (26/5/2023).

Amir menyebutkan beberapa film lainnya juga mengikuti festival film dan berhasil masuk nominasi serta memenangkan festival nasional.

Amir berharap, kedepannya semakin banyak sineas yang ikut kompetisi ACFFest dan memberikan karya terbaiknya dalam film antikorupsi.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemutaran film pendek berjudul ‘Lansia Lan Sopo’, Nominasi Piala Maya 2022.

Serta Film berjudul ‘Titip Sendal’, Ide Cerita Terbaik ACFFest 2022 yang merupakan hasil produksi komunitas film dari Pontianak.

Sebagai penutup, KPK menggelar diskusi film dengan narasumber Wregas Bhanuteja Sutradara dan Penulis Naskah, serta Indra Prawiranegara Finalis ACFFest 2022.

Dalam kesempatan itu Wregas mengatakan anak muda bisa ikut beperan dalam pencegahan korupsi dengan turut kritis terhadap isu korupsi dan ikut mengkampanyekan antikorupsi melalui karya.

Rangkaian ACFFest 2023

ACFFest merupakan ajang apresiasi terhadap bakat-bakat muda kreatif yang bertujuan meningkatkan kesadaran, dukungan, dan partisipasi masyarakat Indonesia terhadap upaya pemberantasan korupsi.

Baca Juga  KPK Sita Rp1,5 Miliar Dari Staf DPP Demokrat Terkait Kasus Ricky Ham Pagawak

Serta menanamkan perilaku antikorupsi sebagai bagian dari gerakan, kampanye, dan pendidikan antikorupsi melalui media film.

Seluruh kegiatan ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, maupun khalayak umum.

Pengiriman karya peserta dimulai pada 5 Mei s.d 15 Juli 2023 untuk Kompetisi Ide Cerita.

Sedangkan untuk Kompetisi Film Pendek hingga 8 Oktober 2023.

Rangkaian Anti-Corruption Film Festival 2023 dimulai dengan kegiatan Roadshow Movie Day di 3 Kota yaitu Pontianak, Papua, dan Yogyakarta.

Dilanjutkan Webinar Filmmaking, Kompetisi Ide Cerita, Kompetisi Film Pendek Fiksi, Movie Camp Online, Film Production, Community Gathering, dan Awarding Night ACFFest 2023.

Salah satu program unggulan ACFFEST adalah Kompetisi Ide Cerita. Program ini membuka kesempatan bagi para sineas muda untuk mengirimkan ide dan konsep kreatif dalam bentuk proposal.

Selanjutnya, proposal yang masuk akan diseleksi dan dipilih 5 ide cerita terpilih yang akan mendapatkan dana produksi senilai Rp30.000.000 dan berkesempatan mengikuti workshop online Movie Day.

ACFFest 2023 juga akan menggelar program Kompetisi Film Pendek Fiksi.

Para peserta dapat mengirimkan karyanya berupa audio visual, yang memuat pesan-pesan antikorupsi.

Selain itu, ACFFest tahun ini juga akan menyelenggarakan Community Gathering yang diikuti para finalis tahun-tahun sebelumnya.

Puncak dari seluruh rangkaian ACFFest 2023 adalah Awarding Night.

KPK berharap ACFFest 2023 dapat membuka peluang kolaborasi bagi komunitas film tanah air untuk mengembangkan ide, program, maupun inovasi inspiratif, dalam mengkampanyekan antikorupsi.

Adapun film-film ACFFest sebelumnya juga dapat disaksikan melalui kanal Youtube KPK RI.

Informasi terkini seputar ACFFest 2023 dapat diakses melalui website www.acffest.com dan media sosial Instagram @acffest.kpk dan twitter @acffest.*

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaterkini
#beritaviral

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life